PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMPN 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Putri Athirah Azis
  • Andi Bida Purnamasari Universitas Patompo Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2758

Keywords:

Scientific Approach, Learning Outcomes

Abstract

This research is a classroom action research carried out in 2 cycles and through several stages in each cycle used, namely: the planning stage, the implementation of the action, observation and reflection. The purpose of this research is to improve student learning outcomes through a scientific approach in Class VIII SMPN 1 Makassar. The data collection was carried out using the end of the cycle test. The collected data will be analyzed and equipped with a frequency table. Based on the results of research in cycle I, it showed that the learning outcomes of class VIII science students were incomplete because only 9 students who scored >75 or 45% achieved the completeness standard, while in cycle II it showed that there was an increase in students who scored >75. as many as 17 people or 85% where the highest score reached 95 and the lowest score reached 65. In cycle I the average value of student learning outcomes was 65 while in cycle II there was an increase with an average student learning outcome of 82.6. This it can be concluded that through a scientific approach in Class VIII SMPN 1 Makassar can improve learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelititan Tindakan Kelas. Edisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdullah, 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.
Benyamin, 2012. Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Bandung: Yrama Widya.
Fatmawati, 2011. Evaluasi Hasil dan Perestasi Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayati, Nurul. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Titl 1 Smk Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Vol. 3 No. 2. Halaman 25-29.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad. 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Idrus, I., Ansori, I., & Kurniawan, R. 2020. Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 139-145.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.Jakarta: Kemdikbud.
Kurniasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena.
Megawati, Y. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi Kelas X IIS di SMAN 2 Mejayan Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).

Molstad, C. E., & Karseth, B. 2016. National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: AlfaBeta.
Rahayu, Susanto dan Yulianti. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 7 Nomor Nomor 1 : 106-110.
Sani, Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiawan, A. R. 2020. Peningkatan literasi saintifik melalui pembelajaran biologi menggunakan pendekatan saintifik. Journal of Biology Education, 2(1), 1-13.
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press Sagala, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Santoso, H. 2014. Pembelajaran Konstruktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Sisw SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Metro.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto, 2010. Inovasi, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Unesa University Press.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Athirah Azis, P., & Bida Purnamasari, A. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMPN 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 500–509. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2758