Peningkatan PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN METODE RESITASI PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATOMPO
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6605Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi biologi semester satu 2022 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata kulian pengantar pendidikan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian bahwa penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari sebelum tindakan, sampai dengan setelah tindakan penggunaan metode Resitasi (siklus I, dan siklus II). Dimana hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan hanya 10 orang mahasiswa yang memperoleh nilai relatif B dengan kategori baik atau persentase 38,46 %, dan 11 orang mahasiswa menperoleh nilai relative C dengan kategori cukup atau persentase 42,31 %, serta 5 orang mahasiswa memperoleh nilai relative D dengan kategori kurang atau 19,23 %. Sedangkan rata-rata kelas hamya mencapai nilai rata-rata 68, nilai relative C dengan kategori Cukup. Namun setelah melakukan tindakan dengan menggunakan metode Resitasi terjadi peningkatan dimana hasil belajar mahasiswa mencapai 15 mahasiswa mendapatkan nilai relative “A” kategori “sangat baik” dengan persentase 53,85% , dan 12 mahasiswa mendapatkan nilai relative “B” kategori “Baik” dengan persentase 46,15%, Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, dapat dipahami bahwa hasil belajar mahasiswa pada siklus II sangat baik (Tinggi) karna 53,85% memperoleh nilai sangat baik dan sdh tidak ada lagi mahasiswa yang mendapatkan nilai relative “C” dan “D”. dengan rata-rata kelas mencapai 81, nilai relative “A” dengan kategori “sangat baik”
Downloads
References
Abdorrahkman Gintings, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniro, 2008, hlm. 35
Abdul Aziz wahab, Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta, 2009, hlm.
Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yagyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, hlm. 7-6
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009, hlm. 37
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Depdiknas, Rambu-Rambu Penetapan Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar, Jakarta: 2004
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Nana Sudjana, Op.Cit. hlm. 46
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Syaiful Bahri Djamaran dkk, Op.Cit, hlm. 72-74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Athirah Azis, Nova Dwi Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.