Peningkatan PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN METODE RESITASI PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATOMPO

Authors

  • Putri Athirah Azis
  • Nova Dwi Pratiwi Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6605

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Resitasi  dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi biologi semester satu 2022 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata kulian pengantar pendidikan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian bahwa penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari sebelum tindakan, sampai dengan setelah tindakan penggunaan metode Resitasi (siklus I, dan siklus II). Dimana hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan hanya 10 orang mahasiswa yang memperoleh nilai relatif B dengan kategori baik atau  persentase 38,46 %, dan 11 orang mahasiswa menperoleh nilai relative C dengan kategori cukup atau  persentase 42,31 %, serta 5 orang mahasiswa memperoleh nilai relative D dengan kategori kurang  atau 19,23 %. Sedangkan rata-rata kelas hamya mencapai nilai rata-rata 68, nilai relative C dengan kategori Cukup. Namun setelah melakukan tindakan dengan menggunakan metode Resitasi terjadi peningkatan dimana hasil belajar mahasiswa mencapai 15 mahasiswa mendapatkan nilai relative “A” kategori “sangat baik” dengan persentase 53,85% , dan 12 mahasiswa mendapatkan nilai relative “B” kategori “Baik” dengan persentase 46,15%, Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, dapat dipahami bahwa hasil belajar mahasiswa pada siklus II sangat baik (Tinggi) karna 53,85% memperoleh nilai sangat baik dan sdh tidak ada lagi mahasiswa yang mendapatkan nilai relative “C” dan “D”. dengan rata-rata kelas  mencapai 81, nilai relative “A” dengan kategori “sangat baik”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdorrahkman Gintings, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniro, 2008, hlm. 35

Abdul Aziz wahab, Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta, 2009, hlm.

Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yagyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, hlm. 7-6

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009, hlm. 37

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Depdiknas, Rambu-Rambu Penetapan Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar, Jakarta: 2004

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Nana Sudjana, Op.Cit. hlm. 46

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Syaiful Bahri Djamaran dkk, Op.Cit, hlm. 72-74

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Athirah Azis, P., & Dwi Pratiwi, N. (2025). Peningkatan PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN METODE RESITASI PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATOMPO. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1662–1667. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6605