PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 9 MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Putri Athirah Azis

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.5287

Keywords:

Media Pembelajaran Quizizz, Berbasis Kearifan Lokal, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklus yang digunakana yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Berbasis Kearifan lokal kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Adapun pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes akhir siklus. Data yang dikumpul akan dianalisis dan dilengkapi dengan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian ada siklus I menunjukan bahwa hasil belajar siswa Biologi kelas X belum tuntas sebab siswa yang memperoleh nilai >75 hanya 22 orang atau 35% yang mencapai pada standar ketuntasan, sedangkan pada siklus II memperlihatkan bahwa ada terjadi peningkatan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 30 orang atau 89% dimana skor tertinggi mencapai 95 dan skor terendah mencapai 65. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65 sedangkan pada silklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Berbasis Kearifan lokal kelas X SMA Negeri 9 Makassar dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelititan Tindakan Kelas. Edisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayurachmawati, Puji., Sylvia Lara Syaflin., Mega Prasrihamni. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Muatan Materi IPA Di SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8 No. 3, Juli 2022. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/2602/1862
Benyamin, (2012). Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Bandung: Yrama Widya.
Fatmawati, (2011). Evaluasi Hasil dan Perestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juprianto., dkk. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa di UPTD SMPN 16 Mandai Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Kala Nea. Volume 4, Nomor 1 (Juni 2023): 28-36. https://jurnal.sttimmanuelsintang.ac.id/index.php/kalanea/article/view/122
Khasanah., Anugrah Lestari. (2021). The Effect of Quizizz and Learning Independence on Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. (1): 63-74. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/7288/pdf
Ketut, I Dedi Agung Susanto Putra., Luh Candra M U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 4 Abuan. Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Vol. 12, No. 3, Tahun 2023. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/69106/27406
Nina, Miza A., dkk. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital Guna Meningkatkan Nilai Kognitif Pada Siswa Man 3 Medan Kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran (JUNDIKMA). Vol. 02, No. 02, September 2023. https://journal.jompu.org/index.php/jundikma/article/view/21
Sambara, Destri. S., Tri Nugroho Budi S. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 2, Mei 2022: 81-8. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5346
Supriadi, Nunung., Destyanisa T., & Zuyinatul I. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin. Vol. 5, No.1 April 2021: P42-51. https://jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/101/0
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press Sagala, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Inovasi, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Unesa University Press

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Athirah Azis, P. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 9 MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 809–818. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.5287