PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 9 MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.5287Keywords:
Media Pembelajaran Quizizz, Berbasis Kearifan Lokal, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklus yang digunakana yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Berbasis Kearifan lokal kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Adapun pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes akhir siklus. Data yang dikumpul akan dianalisis dan dilengkapi dengan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian ada siklus I menunjukan bahwa hasil belajar siswa Biologi kelas X belum tuntas sebab siswa yang memperoleh nilai >75 hanya 22 orang atau 35% yang mencapai pada standar ketuntasan, sedangkan pada siklus II memperlihatkan bahwa ada terjadi peningkatan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 30 orang atau 89% dimana skor tertinggi mencapai 95 dan skor terendah mencapai 65. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65 sedangkan pada silklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Berbasis Kearifan lokal kelas X SMA Negeri 9 Makassar dapat meningkatkan hasil belajar.
Downloads
References
Ayurachmawati, Puji., Sylvia Lara Syaflin., Mega Prasrihamni. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Muatan Materi IPA Di SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8 No. 3, Juli 2022. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/2602/1862
Benyamin, (2012). Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Bandung: Yrama Widya.
Fatmawati, (2011). Evaluasi Hasil dan Perestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juprianto., dkk. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa di UPTD SMPN 16 Mandai Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Kala Nea. Volume 4, Nomor 1 (Juni 2023): 28-36. https://jurnal.sttimmanuelsintang.ac.id/index.php/kalanea/article/view/122
Khasanah., Anugrah Lestari. (2021). The Effect of Quizizz and Learning Independence on Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. (1): 63-74. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/7288/pdf
Ketut, I Dedi Agung Susanto Putra., Luh Candra M U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 4 Abuan. Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Vol. 12, No. 3, Tahun 2023. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/69106/27406
Nina, Miza A., dkk. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital Guna Meningkatkan Nilai Kognitif Pada Siswa Man 3 Medan Kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran (JUNDIKMA). Vol. 02, No. 02, September 2023. https://journal.jompu.org/index.php/jundikma/article/view/21
Sambara, Destri. S., Tri Nugroho Budi S. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 2, Mei 2022: 81-8. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5346
Supriadi, Nunung., Destyanisa T., & Zuyinatul I. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin. Vol. 5, No.1 April 2021: P42-51. https://jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/101/0
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press Sagala, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Inovasi, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Unesa University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.