Mini Library untuk Anak Kurang Mampu di Kecamatan Wara Kota Palopo

  • Arny Irhani Asmin Universitas Cokroamioto Palopo
  • Patmaniar Patmaniar Universitas Cokroamioto Palopo
Keywords: mini library, Learning Station Community, Membaca, anak-anak

Abstract

Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak-anak di kota Palopo dengan pengadaan Mini Library, dan secara umum untuk meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill) dengan membentuk suatu komunitas belajar Learning Station Community. Program ini dilakukan  dalam beberapa tahap, yakni tahap sosialisasi kegiatan kepada mitra, membentuk komunitas belajar dengan nama Learning Station Community  dan menyediakan buku bacaan anak yang beragam di Mini Library . Selain membaca, anak-anak juga diajari berbagai hal seperti seni, bahasa Inggris dan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa Indonesia. Kegiatan ini bermitra dengan dua kelompok anak-anak di Kelurahan Surutanga Palopo, mereka dengan antusias mengikuti kegiatan belajar dan membaca di Mini Library, namun memotivasi anak-anak untuk terus aktif belajar dan membaca merupakan hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi tim pelaksana. Oleh karena itu, kegiatan ini direncanakan akan terus berlanjut dengan harapan bahwa kecintaan anak-anak di kota Palopo pada buku  dan kegiatan membaca akan terus meningkat. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Asmin, Arny Irhani. 2016. Pengenalan dan Peningkatan minat Anak Usia Dini dalam Mempelajari Bahasa Inggris. Proceeding Nasional Volume 2, Nomor 1. UNCP

Clary, L. M. 1991. Getting adolescents to read. Journal of Reading, 34, 340-345.

Ellsworth R.A, Kear, D.J & McKenna, M.C. 1995. Children's Attitudes toward Reading: A National Survey. Reading Research Quarterly Vol. 30, No. pp. 934-956

Ghoting, S. N., & Martin-Díaz, P. (2013). Storytimes for everyone!: Developing young children's language and literacy. ALA Editions. Chicago, IL: American Library Association.

Hildanurul. 2011. Peran Pendidikan dalam Mensejahterakan Masyarakat Pedesaan. Word Press.

Hritcu, Oltea & Schipor, Maria Doina. 013. A Study on Children’s Interest towards Reading - a Questionnaire-Based Survey. Proceedings of the 11th edition of the International Conference on Sciences of Education

Hoerning, Beate. 2017. The importance of volunteer work for successful children’s and adult literacy programs in US Public Libraries – a view from outside. IFLA WLIC. Germany

Hidi, S. 1990. Interest and its contribution as a mental resource for learning. Review of Educational Resources, 60, 549–571.

Hidi, S., 2001. Interest, Reading, and Learning: Theoretical and Practical Considerations. Educational Psychology Review, 13 (3), 191-209.

Palanai, K.K. 2012. Promoting Reading Habits And Creating Literate Society. Jurnal of Arts, Science & Commerce E-ISSN 2229-4686 ISSN 2231-4172 Vol.– III, Issue 2(1)

Suyanto, Bagong. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Prenada Media Group

Stauffer, Suzanne M. 2007. Developing Children’s Interest in Reading. Library Trends Volume 56, Number 2, Fall 2007 pp. 402-422.

Wallace, Catherine. 2012. Reading. Oxford University Press.

William A. Henk and Steven A. Melnick. 1995. The Reader Self-Perception Scale (RSPS): A New Tool for Measuring How Children Feel about Themselves as Readers. The Reading Teacher Vol. 48, No. 6, pp. 470-482. International Literacy Association and Wiley.

Published
19-11-2019
How to Cite
Asmin, A. I., & Patmaniar, P. (2019). Mini Library untuk Anak Kurang Mampu di Kecamatan Wara Kota Palopo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1-10. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/91