PRAKTEK HOMESCHOOLING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MALANGKE

Authors

  • Arny Irhani Asmin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1490

Keywords:

Kata kunci: Homeschooling, Sekolah Dasar, KKN, Malangke

Abstract

Dua tahun terakhir kita dihadapkan pada era new normal, dimana seluruh aktifitas termasuk di dunia Pendidikan harus di lakukan dari rumah. Dengan pemanfaatan internet, pembelajaran dari rumah ini berjalan dengan baik, namun beberapa wilayah di Indonesia tidak memiliki jaringan internet kuat serta sarana yang mendukung untuk belajar daring. Homeschooling adalah strategi yang tim pengabdi pilih untuk menunjukkan dukungan kepada anak-anak yang berada dalam situasi keterbatasan ini. Bekerjasama dengan mahasiswa KKN Universitas Cokroaminoto Palopo, kami membentuk tim Homeschooling yang mengajarkan mata pelajaran kepada siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Malangke. Metode pelaksanaan adalah dengan membentuk posko khusus homeschooling di lokasi sekitar, lalu mengundang beberapa anak dalam satu group agar kegiatan tetap sesuai standar protokol kesehatan. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari siswa dan orang tua, terutama  karena membantu kesulitan mereka dalam mendampingi anak dalam belajar. Anak-anak antusia dan senang dapat kembali merasakan belajar bersama beberapa teman. Kegiatan serupa sangat baik untuk membantu siswa dalam belajar dan secara psikologis meredakan kebosanan mereka belajar dari rumah.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Asmin, A. I. (2021). PRAKTEK HOMESCHOOLING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MALANGKE. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1490