ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7507
Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, HOTS, Self efficacy, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari self-efficacy dalam menyelesaikan soal HOTS kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berbasis HOTS, angket self-efficacy dan wawancara yang kemudian akan di lakukan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 10-12 November 2025 dengan subjek penelitiannya berjumlah 23 peserta didik kelas IX-A. Hasil penelitian mengungkapkan apabila indikator kemampuan berpikir kritis hanya dapat dipenuhi oleh peserta didik dengan self-efficacy tinggi dan sedang dengan intensitas berbeda. Sementara itu, peserta didik dengan self-efficacy rendah hanya dapat memenuhi maksimal dua indikator berpikir kritis. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya memberikan perhatian khusus terhadap aspek self-efficacy peserta didik karena hal tersebut berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematisnya dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama pada level tinggi.
Downloads
References
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801.https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803
Nurjanah, T., Prihaswati, M., & Purnomo, E., A. (2020). Systematic Literature Review: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Secara Kontekstual. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2578
Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/581
Prajono, R., Gunarti, D., Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694
Puspitawati, R. J., Faridah, L., & Aini, K., N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 18. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v7i1.2496
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Roslinda, F., Sulistyaningsih, D., & Suprapto, R. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 677–690. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1232/1230
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G., N., S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. JISD: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336
Shodikin, A., Purwanto, Subanji, & Sudirman. (2021). Students’ Thinking Process When Using Abductive Reasoning In Problem Solving. Acta Scientiae, 23(2), 58–87. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.6026
Sodik, R. (2024). Pengembangan LKPD Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Kinanti : Jurnal Karya Insan Pendidikan Terpilih, 2(1), 1794–1813. https://doi.org/10.62518/0q9tdr70
Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461
Syahrizal, H., & Jailani, M., S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora,1, 18–22.https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/49
Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024
Waliq, M., & Sukmawati, S. 2021. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Soal Hots Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Pallangga. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.19166/johme.v5i2.4543
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













