ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7507

Authors

  • Rihadatuj Jihanul Afifah Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Martyana Prihaswati Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Iswahyudi Joko Suprayitno Universitas Muhammadiyah Semarang

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, HOTS, Self efficacy, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari self-efficacy dalam menyelesaikan soal HOTS kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berbasis HOTS, angket self-efficacy dan wawancara yang kemudian akan di lakukan analisis data melalui   tahapan   reduksi data, penyajian data, dan   penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 10-12 November 2025 dengan subjek penelitiannya berjumlah 23 peserta didik kelas IX-A. Hasil penelitian mengungkapkan apabila indikator kemampuan berpikir kritis hanya dapat dipenuhi oleh peserta didik dengan self-efficacy tinggi dan sedang dengan intensitas berbeda. Sementara itu, peserta didik dengan self-efficacy rendah hanya dapat memenuhi maksimal dua indikator berpikir kritis. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya memberikan perhatian khusus terhadap aspek self-efficacy peserta didik karena hal tersebut berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematisnya dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama pada level tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801.https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Nurjanah, T., Prihaswati, M., & Purnomo, E., A. (2020). Systematic Literature Review: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Secara Kontekstual. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2578

Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/581

Prajono, R., Gunarti, D., Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694

Puspitawati, R. J., Faridah, L., & Aini, K., N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 18. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v7i1.2496

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Roslinda, F., Sulistyaningsih, D., & Suprapto, R. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 677–690. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1232/1230

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G., N., S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. JISD: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336

Shodikin, A., Purwanto, Subanji, & Sudirman. (2021). Students’ Thinking Process When Using Abductive Reasoning In Problem Solving. Acta Scientiae, 23(2), 58–87. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.6026

Sodik, R. (2024). Pengembangan LKPD Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Kinanti : Jurnal Karya Insan Pendidikan Terpilih, 2(1), 1794–1813. https://doi.org/10.62518/0q9tdr70

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461

Syahrizal, H., & Jailani, M., S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora,1, 18–22.https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/49

Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024

Waliq, M., & Sukmawati, S. 2021. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Soal Hots Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Pallangga. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.19166/johme.v5i2.4543

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Afifah, R. J., Prihaswati, M., & Suprayitno, I. J. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2451–2468. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7507