PROSES MATEMATISASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SPLTV DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7458
Keywords:
Pemecahan Masalah, Proses Matematisasi Vertikal dan Horizontal, GenderAbstract
Pemecahan masalah dalam matematika memiliki peran penting. Kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantara salah satunya yaitu gender. Kemampuan penting yang menjadi inti dari pemecahan masalah yaitu proses matematisasi. Proses matematisasi terbagi menjadi dua yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses matematisasi siswa vertikal dan horizontal dalam pemecahan masalah matematika SPLTV berdasarkan perspektif gender. Jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek diambil dari siswa kelas X MAU dan MBI yang diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemudian melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan untuk melakukan tes proses matematisasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengolah hasil tes, wawancara, dan observasi. Data direduksi, dikategorikan berdasarkan jenis matematisasi dan gender, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif naratif untuk menggambarkan proses matematisasi siswa dalam pemecahan masalah SPLTV. Selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan untuk menentukan karakteristik matematisasi horizontal dan vertikal siswa serta makna temuan penelitian. Siswa laki-laki dan siswa perempuan memenuhi semua indikator dari proses matematisasi horizontal, sedangkan dalam indikator proses matematisasi vertikal siswa laki-laki hanya memenuhi satu indikator dan siswa perempuan memenuhi dua indikator.
Downloads
References
Ani, S. I., & Rosyidi, A. H. (2021). Merencanakan pemecahan masalah kontekstual : Berpandu pada rumus atau konteks ? Planning contextual problem solving : Based on formula or context ? Edumatica, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 73–84. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.13344
Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688
Chasanah, I. M. (2021). Proses Matematisasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 69–78. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p69-78
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
De Lange, J. (1987). mathematics insight and meaning. Utrecht: Vakgroep Pnderzoek Wiskundeonderwijs En Onderwijs Computer-Centrum (OW & OC).
Fuad, N. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan Pada Proses Matematisasi Horizontal Dan Vertikal Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 85–96. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191
González-Regaña, A., Molina, M., & Izquierdo, J. M. (2016). Identificando Actividades De Matematización Horizontal Y Vertical En Un Proceso De Clasificación Identifying horizontal and vertical mathematizing activities involved in a process of classification. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29451.90402
Hidayah, A. R. (2021). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 10(1), 121–136. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p121-136 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p121-136
Jati, hasna salsabilla, Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, rizki D. (2021). Ananlisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2, 2–8.
Kartika Sari, Y., & Efriani, A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 89–99. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677 DOI: https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.857
Lilisantika, & Roesdiana, L. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV. 5(2), 223- 246. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5480
Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Resi, B. B. F. (2021). Proses Matematisasi yang dilakukan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pemodelan Persamaan Kuadrat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 8, 263–275. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.340
Rusdiati, M., Haryono, Y., & Suryani, M. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(4), 580. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7333 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7333
Sadriah, Etika Khaerunnisa, & Syamsuri, S. (2023). Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1487–1499. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Wardono. (2016). Analisis Matematisasi Siswa SMP dengan Pendekatan pendidikan Matematika Relaistik Indonesia (PMRI) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Researchgate.Net, November, 335–342.
Widianti, M., & Setianingsih, R. (2024). Proses Matematisasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Topik Aljabar di Kelas VII SMP. MATHEdunesa, 13(2), 615–629. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629
Wijaya, A. (2013). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Geaha Ilmu
Wulandari, T., Rahmatia Firsta, R., Darmowijoyo, & Hartono, Y. (2025). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika dan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual PISA. Journal of Instructional and Development Researches, 5(3), 302–312. https://doi.org/10.53621/jider.v5i3.538 DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v5i3.538
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 6117–6124. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8295 DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













