PROSES MATEMATISASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SPLTV DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7458

Authors

  • Nadiyah Lailatul Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Lailiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Maunah Setyawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Heri Kiswanto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Pemecahan Masalah, Proses Matematisasi Vertikal dan Horizontal, Gender

Abstract

Pemecahan masalah dalam matematika memiliki peran penting. Kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantara salah satunya yaitu gender. Kemampuan penting yang menjadi inti dari pemecahan masalah yaitu proses matematisasi. Proses matematisasi terbagi menjadi dua yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses matematisasi siswa vertikal dan horizontal dalam pemecahan masalah matematika SPLTV berdasarkan perspektif gender. Jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek diambil dari siswa kelas X MAU dan MBI yang diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemudian melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan untuk melakukan tes proses matematisasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengolah hasil tes, wawancara, dan observasi. Data direduksi, dikategorikan berdasarkan jenis matematisasi dan gender, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif naratif untuk menggambarkan proses matematisasi siswa dalam pemecahan masalah SPLTV. Selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan untuk menentukan karakteristik matematisasi horizontal dan vertikal siswa serta makna temuan penelitian. Siswa laki-laki dan siswa perempuan memenuhi semua indikator dari proses matematisasi horizontal, sedangkan dalam indikator proses matematisasi vertikal siswa laki-laki hanya memenuhi satu indikator dan siswa perempuan memenuhi dua indikator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, S. I., & Rosyidi, A. H. (2021). Merencanakan pemecahan masalah kontekstual : Berpandu pada rumus atau konteks ? Planning contextual problem solving : Based on formula or context ? Edumatica, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 73–84. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.13344

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Chasanah, I. M. (2021). Proses Matematisasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 69–78. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p69-78

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

De Lange, J. (1987). mathematics insight and meaning. Utrecht: Vakgroep Pnderzoek Wiskundeonderwijs En Onderwijs Computer-Centrum (OW & OC).

Fuad, N. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan Pada Proses Matematisasi Horizontal Dan Vertikal Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 85–96. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191

González-Regaña, A., Molina, M., & Izquierdo, J. M. (2016). Identificando Actividades De Matematización Horizontal Y Vertical En Un Proceso De Clasificación Identifying horizontal and vertical mathematizing activities involved in a process of classification. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29451.90402

Hidayah, A. R. (2021). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 10(1), 121–136. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p121-136 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p121-136

Jati, hasna salsabilla, Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, rizki D. (2021). Ananlisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2, 2–8.

Kartika Sari, Y., & Efriani, A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 89–99. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677 DOI: https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677

Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.857

Lilisantika, & Roesdiana, L. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV. 5(2), 223- 246. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5480

Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477

Resi, B. B. F. (2021). Proses Matematisasi yang dilakukan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pemodelan Persamaan Kuadrat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 8, 263–275. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.340

Rusdiati, M., Haryono, Y., & Suryani, M. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(4), 580. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7333 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7333

Sadriah, Etika Khaerunnisa, & Syamsuri, S. (2023). Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1487–1499. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Wardono. (2016). Analisis Matematisasi Siswa SMP dengan Pendekatan pendidikan Matematika Relaistik Indonesia (PMRI) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Researchgate.Net, November, 335–342.

Widianti, M., & Setianingsih, R. (2024). Proses Matematisasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Topik Aljabar di Kelas VII SMP. MATHEdunesa, 13(2), 615–629. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629

Wijaya, A. (2013). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Geaha Ilmu

Wulandari, T., Rahmatia Firsta, R., Darmowijoyo, & Hartono, Y. (2025). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika dan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual PISA. Journal of Instructional and Development Researches, 5(3), 302–312. https://doi.org/10.53621/jider.v5i3.538 DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v5i3.538

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 6117–6124. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8295 DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Downloads

Published

2025-12-07

How to Cite

Hidayah, N. L., Lailiyah, S., Setyawati, M., & Kiswanto, H. (2025). PROSES MATEMATISASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SPLTV DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2347–2366. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7458