PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7364
Keywords:
Pembelajaran Matematika, Group Investigation, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran matematika umunya dipandang sebagai salah satu bidang pelajaran yang tidak mudah dan abstrak di kalangan peserta didik. Sebagai upaya untuk menanggulangi hal tersebut sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar melalui keterlibatan aktif dari peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajaran yang mengintegrasikan aspek kolaboratif dan diferensiasi menjadi penting diterapkan guna meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTs Taswirul Afkar Surabaya. Pembelajaran diferensiasi yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan diferensiasi dalam aspek proses. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data didapatkan dari hasil pretest dan posttest berupa soal esai, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas Shapiro-Wilk, Uji Homogenitas Levene Test, dan Uji Sample Paired T-Test. Hasil dari analisis data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Secara umum, siswa menunjukkan perubahan positif dalam proses belajar mereka seperti meningkatnya motivasi, keaktifan dalam proses pembelajaran dan rasa percaya diri selama mengikuti proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model GI yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Alam, S. (2023, December 18). Hasil PISA 2022, refleksi mutu pendidikan nasional 2023. Media Indonesia.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Astuti, B. (2017). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD melalui model group investigation. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 264.
Breaux, E., & Magee, M. B. (2013). How the best teachers differentiate instruction. Routledge.
Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233-242.
Fajaryati, D., Tiur Maria, H., & Karolina, V. (2023). Differentiated learning as an effort to improve students' learning outcomes in physics subjects. International Journal of Education and Social Science, 4(2), 137–144.
Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.
Fitra, D. K. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada materi tata surya di kelas VII SMP. Unjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278–290.
Fox, J., & Hoffman, W. (2011). The differentiated instruction book of lists. John Wiley & Sons.
Haryadi, S. R., & Prasetiyo, A. F. (2022). Dampak video breaking terhadap peningkatan keterampilan mendayung rowing. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 232–246.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pdekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74.
Lestari, F., Alim, J. A., & Noviyanti, M. (2024). Implementation of differentiated learning to enhance elementary school students' mathematical critical and creative thinking skills. International Journal of Elementary Education, 8(1), 178–187.
Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57.
Nuralam, N. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan APS di SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Numeracy Journal, 4(2).
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2022). Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Setiawati, G. A. D. (2023). Penerapan model pembelajaran group investigation berbasis lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri Tulangampiang Denpasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1915-1925.
Siswono, T. Y. E. (2016, Oktober). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK 1) (hlm. 11–26).
Subekti, P. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 30–39.
Sugiyono. (2006). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Sutrisno, L. T., & Hernawan, A. H. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121.
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













