PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7364

Authors

  • Arifah Himmatul Auliyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Maunah Setyawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Lailiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Lubab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Group Investigation, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

 Pembelajaran matematika umunya dipandang sebagai salah satu  bidang pelajaran yang tidak mudah dan abstrak di kalangan peserta didik. Sebagai upaya untuk menanggulangi hal tersebut sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar melalui keterlibatan aktif dari peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajaran yang mengintegrasikan aspek kolaboratif dan diferensiasi menjadi penting diterapkan guna meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTs Taswirul Afkar Surabaya. Pembelajaran diferensiasi yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan diferensiasi dalam aspek proses. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data didapatkan dari hasil pretest dan posttest berupa soal esai, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas Shapiro-Wilk, Uji Homogenitas Levene Test, dan Uji Sample Paired T-Test. Hasil dari analisis data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Secara umum, siswa menunjukkan perubahan positif dalam proses belajar mereka seperti meningkatnya motivasi, keaktifan dalam proses pembelajaran dan rasa percaya diri selama mengikuti proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model GI yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2023, December 18). Hasil PISA 2022, refleksi mutu pendidikan nasional 2023. Media Indonesia.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Astuti, B. (2017). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD melalui model group investigation. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 264.

Breaux, E., & Magee, M. B. (2013). How the best teachers differentiate instruction. Routledge.

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233-242.

Fajaryati, D., Tiur Maria, H., & Karolina, V. (2023). Differentiated learning as an effort to improve students' learning outcomes in physics subjects. International Journal of Education and Social Science, 4(2), 137–144.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Fitra, D. K. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada materi tata surya di kelas VII SMP. Unjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278–290.

Fox, J., & Hoffman, W. (2011). The differentiated instruction book of lists. John Wiley & Sons.

Haryadi, S. R., & Prasetiyo, A. F. (2022). Dampak video breaking terhadap peningkatan keterampilan mendayung rowing. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 232–246.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pdekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74.

Lestari, F., Alim, J. A., & Noviyanti, M. (2024). Implementation of differentiated learning to enhance elementary school students' mathematical critical and creative thinking skills. International Journal of Elementary Education, 8(1), 178–187.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57.

Nuralam, N. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan APS di SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Numeracy Journal, 4(2).

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2022). Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Setiawati, G. A. D. (2023). Penerapan model pembelajaran group investigation berbasis lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri Tulangampiang Denpasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1915-1925.

Siswono, T. Y. E. (2016, Oktober). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK 1) (hlm. 11–26).

Subekti, P. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 30–39.

Sugiyono. (2006). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Sutrisno, L. T., & Hernawan, A. H. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Auliyah, A. H., Setyawati, M., Siti Lailiyah, S. L., & Lubab, A. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2148–2161. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7364