PENGEMBANGAN DIGIBOOK GEOMETRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SMP DI LINGKUNGAN PESANTREN UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN SPASIAL

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7348

Authors

  • Fithri Sri Mulyani Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Yugi Hilmi Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Muh Fajar Fazriansyah Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

Keywords:

Kemampuan Spasial, Digibook Geometry, Kearifan Lokal di Lingkungan Pesantren.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk digibook pada materi geometri dengan berbasis kearifan lokal di lingkungan pesantren dalam mengoptimalkan kemampuan spasial siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode RnDResearch & Development) dengan model 4D yang memalui beberapa tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Dessimination. Subjek pada penelitian ini adalah 50 sekolah dan 15 orang guru dan 300 orang siswa SMP yang berada di lingkungan pesantren di kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, kuesioner respon siswa dan uji pretes dan postest pada kemampuan spasial. Berdasarkan hasil penelitian, digibook geometri ini valid dan layak untuk digunakan. Hasil postest pun menunjukkan peningkatan sebanyak 22,70% dari uji pretes. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa digibook geometri berbasis kearifan lokal dilingkungan pesantren valid dan dapat mengoptimalkan kemampuan spasial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, A., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97-108. https://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v2i2.11700

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Asryana, A., Sanapiah, S., & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107-114. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836

Aydin, A., & Aytekin, C. (2018). Teaching Materials Development and Meeting the Needs of the Subject: A Sample Application. International Education Studies, 11(8), 27-38. ISSN: ISSN-1913-9020

Fahlevi, M. R. (2022). Studi Literatur: Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkembangkan Number Sense Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 42-58. https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4847

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal untuk siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-45. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.2082

Farihah, U., Prayogo, M. S., Nugroho, C. B., & Mizuno, K. (2025). Pendampingan Pemanfaatan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 201-211. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10247

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan digibook barisan dan deret berbasis anyflip untuk mengeksplor kemampuan berpikir komputasional peserta didik. Jurnal Cendekia, 6(1), 191-203.

Fitriani, F., Wahidah, W., & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Kearifan Lokal Aceh. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 41-58.

Hanggara, Y., Amelia, F., Gusmania, Y., Ismarti, I., & Putra, J. D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MUDAH DAN MENYENANGKAN BAGI GURU MENTAL ARITMATIKA ASMA BATAM. MINDA BAHARU, 7(2), 130-140. Doi. 10.33373/jmb.v7i2.5681

Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2019). Analisis kesulitan dalam penyelesaian permasalahan ruang dimensi dua. Prosiding SNPMAT II, 82-90.

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082-3096.

Khoirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 21-32.

Komara, K., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1451-1468.

Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949-956. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96. p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177

Munir, N. P., Thalhah, S. Z., Anas, A., & Nurwahida, N. (2023). Diseminasi media pembelajaran geometri terintegrasi kearifan lokal berbantuan augmented reality. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 621-630. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1934

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356

Novak, J. I., & Loy, J. (2018). Digital technologies and 4D customized design: challenging conventions with responsive design. In Handbook of research on human development in the digital age (pp. 403-426). IGI Global Scientific Publishing. DOI: 10.4018/978-1-5225-2838-8.ch018

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis kemampuan spasial pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49-58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.147

Sirri, E. L., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Is android-based learning media effective for exploring students' spatial ability?. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 7(2), 149-160. https://doi.org/10.29407/jmen.v7i2.16527

Suprayo, T., Sugiman, S., Pujiastuti, E., Setiyani, S., & Oktoviani, V. (2023). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 352-363. DOI Issue: 10.46306/lb.v4i1

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Mulyani, F. S., Hilmi, Y., Fazriansyah, M. F., & Wiwit Damayanti Lestari, W. D. L. (2025). PENGEMBANGAN DIGIBOOK GEOMETRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SMP DI LINGKUNGAN PESANTREN UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN SPASIAL. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7348