LITERATURE REVIEW: PERAN FUNGSI PEMBANGKIT DALAM PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISKRIT DI PENDIDIKAN TINGGI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7330

Authors

  • Rahmat Badawi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Palwina Machrani Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Almira Amir Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keywords:

fungsi pembangkit, pemahaman konseptual, representasi matematis, pembelajaran matematika diskrit, kajian literatur sistematis

Abstract

Fungsi pembangkit (generating function) merupakan konsep fundamental dalam matematika diskrit yang memiliki peranan penting dalam menghubungkan teori kombinatorika, peluang, dan struktur aljabar. Konsep ini tidak hanya digunakan dalam analisis matematis, tetapi juga berpotensi sebagai pendekatan pedagogis yang mampu memperkuat pemahaman konseptual mahasiswa terhadap hubungan antara objek diskrit dan representasi fungsionalnya. Kajian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis berbagai penelitian teoretis dan empiris yang membahas fungsi pembangkit dari perspektif matematis dan pedagogis serta mengidentifikasi implikasinya terhadap pembelajaran matematika diskrit di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel nasional dan internasional terbitan tahun 2018–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa fungsi pembangkit berperan dalam: (1) memperkuat pemahaman konsep abstrak melalui translasi aljabar terhadap struktur kombinatorial, (2) meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa melalui pendekatan penemuan terbimbing, serta (3) menyediakan kerangka integratif antara teori peluang, partisi bilangan, dan aplikasi komputasi. Kajian ini merekomendasikan integrasi fungsi pembangkit dalam kurikulum matematika diskrit berbasis Problem-Based Learning (PBL) dengan dukungan modul penemuan terbimbing untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan konseptual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrews, G. E., & El Bachraoui, M. (2025). On the generating functions for partitions with repeated smallest part. Journal of Mathematical Analysis and Applications, 549, 129537.

Ardiansyah, F. (2021). Aplikasi Fungsi Pembangkit dalam Penyelesaian Persoalan Stars and Bars yang Dibatasi. Makalah Matematika Diskrit, ITB.

Budhi, D. L., & Wowor, A. D. (2019). Regenerasi Fungsi Kuadrat dalam Pembangkit Bilangan Acak Berbasis Chaos. AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 16(2), 125–134.

Iltavia. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Fungsi Pembangkit. ILTAVIA Journal, 8(236–248).

Kumar, A., & Yelam, P. (2025). Modeling Availability of a Multistate Geothermal Power Plants through Fuzzy Universal Generating Function. Discover Applied Sciences, 7:573.

Li, T., Song, Y., & Zhang, L. (2025). Solving Arbitrary One-Loop Reduction via Generating Function. European Physical Journal C, 85:142.

Muna, N. S. W., & Isnaini, U. (2024). Diseksi-4 atas Fungsi Pembangkit Partisi Frobenius Diperumum dengan 4-Pewarnaan. Jurnal Matematika Integratif, 20(1), 81–88.

Rademacher, S. (2025). Generating Function for Quantum Depletion of Bose-Einstein Condensates. Journal of Statistical Physics, 192:108.

Rahmawati, N. D., Amintoko, G., & Faizah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa pada Materi Fungsi Pembangkit dan Pemberian Scaffolding. eduMATH, 6(2), 1–5.

Sitopu, J. W., & Siswadi. (2022). Fungsi Pembangkit Momen dari Distribusi Probabilitas Diskrit. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 144–153.

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

Badawi, R., Machrani, P., & Amir, A. (2025). LITERATURE REVIEW: PERAN FUNGSI PEMBANGKIT DALAM PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISKRIT DI PENDIDIKAN TINGGI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2062–2067. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7330