ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DENGAN TAHAPAN POLYA DI MAN 1 MEDAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7308
Keywords:
Analisis, Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, TrigonometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri berdasarkan tahapan Polya yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX MAN 1 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak tiga butir soal yang dianalisis berdasarkan rubrik penilaian Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang mencapai kategori sangat baik (0%), 21,875% berada pada kategori baik, 18,75% cukup, 28,125% kurang, dan 31,25% sangat kurang. Kesulitan utama siswa terletak pada tahap merencanakan dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, sedangkan tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana tergolong cukup baik. Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa adalah ketidaktepatan penggunaan rumus, kurangnya ketelitian, serta kebiasaan belajar yang berfokus pada hasil akhir tanpa refleksi terhadap proses berpikir. Penelitian ini merekomendasikan agar pembelajaran matematika lebih menekankan pada pengembangan berpikir kritis, reflektif, dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
References
Anggraini, N. N., Subayani, N. W., & Baktiar, A. M. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 621–626.
Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144.
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Ii. JURNAL GANTANG, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.104
Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt Game 20 Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Limit Trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2), 56–65. https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283
Lestari, S. L., & Murtiyasa, B. (2023). Eksperimen pendekatan open ended learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1767–1780. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19418
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DI SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.
Murtiyasa, B., & Wulandari, S. (2022). Problem Solving Ability According to Polya on System of Linear Equations in Two Variables Based on Student Learning Styles. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 261–279. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i2.26328
NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. Reston VA
Nilawati, Nursupiamin, & Badjeder, R. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK SMA. Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 4(2), 66–72.
Nurcikawati, Agustian, Y., Apipah, E. S., & Casnan. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 114–121. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Utami, R. R., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN 2 Golong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using Hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 215–222. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













