ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DENGAN TAHAPAN POLYA DI MAN 1 MEDAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7308

Authors

  • Siti Zahra Sabila Universitas Negeri Medan
  • Syalaisha Dwi Hadriana Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis, Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri berdasarkan tahapan Polya yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX MAN 1 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak tiga butir soal yang dianalisis berdasarkan rubrik penilaian Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang mencapai kategori sangat baik (0%), 21,875% berada pada kategori baik, 18,75% cukup, 28,125% kurang, dan 31,25% sangat kurang. Kesulitan utama siswa terletak pada tahap merencanakan dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, sedangkan tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana tergolong cukup baik. Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa adalah ketidaktepatan penggunaan rumus, kurangnya ketelitian, serta kebiasaan belajar yang berfokus pada hasil akhir tanpa refleksi terhadap proses berpikir. Penelitian ini merekomendasikan agar pembelajaran matematika lebih menekankan pada pengembangan berpikir kritis, reflektif, dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. N., Subayani, N. W., & Baktiar, A. M. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 621–626.

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Ii. JURNAL GANTANG, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.104

Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt Game 20 Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Limit Trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2), 56–65. https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283

Lestari, S. L., & Murtiyasa, B. (2023). Eksperimen pendekatan open ended learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1767–1780. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19418

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DI SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.

Murtiyasa, B., & Wulandari, S. (2022). Problem Solving Ability According to Polya on System of Linear Equations in Two Variables Based on Student Learning Styles. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 261–279. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i2.26328

NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. Reston VA

Nilawati, Nursupiamin, & Badjeder, R. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK SMA. Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 4(2), 66–72.

Nurcikawati, Agustian, Y., Apipah, E. S., & Casnan. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 114–121. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Utami, R. R., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN 2 Golong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).

Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using Hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 215–222. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Sabila, S. Z., & Hadriana, S. D. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DENGAN TAHAPAN POLYA DI MAN 1 MEDAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2000–2017. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7308