KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: ANALISIS DESKRIPTIF BERDASARKAN EMPAT INDIKATOR UTAMA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7284
Keywords:
kepercayaan diri, pembelajaran matematika, analisis deskriptif, empat indikator utamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi yang mendalam mengenai tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, dengan berfokus pada empat indikator utama, yaitu keyakinan terhadap kemampuan sendiri, berinisiatif mengambil keputusan, pandangan positif terhadap diri sendiri, dan berani mengemukakan pendapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan instrumen utama berupa angket yang diberikan kepada 25 siswa dan wawancara mendalam dengan 5 siswa untuk menggali informasi lebih lanjut. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X SMA Negeri 5 Garut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika termasuk dalam kategori “sebagian besar” dengan rata-rata persentase 69,17%. Indikator yang memperoleh skor tertinggi adalah pandangan positif terhadap diri sendiri dengan nilai 68,67%, sedangkan indikator yang memperoleh skor terendah adalah keyakinan terhadap kemampuan sendiri, yaitu 61%. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian besar siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup baik. Namun beberapa aspek, seperti keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri, masih perlu mendapatkan perhatian lebih. Kepercayaan diri siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk lingkungan belajar yang mendukung serta peran penting guru dalam menciptakan suasana yang mendorong kemandirian dan memberikan penguatan positif.
Downloads
References
Amalia, & Imami, A. I. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 349–355. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.902
Arofah, A. J., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX dalam Pembelajaran Matematika. MAJU, 8(2), 328–335.
Hidayat, Muh. I., Jahidin, J., & Amiruddin, A. (2024). Hubungan Gaya Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Biofiskim : Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 6(87–109). https://doi.org/10.33772/biofiskim.v6i1.861
Hikmah, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kretif Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.129
Ijirana, Auliya, A. R., & Rumondor, P. (2024). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning dan Media Interaktif pada Siswa Kelas IIB SD Negeri Model Terpadu Madani. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).
Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 107–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2226
Isyana, B. V., Baidowi, Novitasari, D., & Sridana, N. (2024). Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 370–383. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7125
Kurniawan, L., & Munandar, D. R. (2024). Analisis Kepercayaan Diri Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 255–263. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14901
Legista, A., Nabila, A., Astuti, A., & Ulumiah, I. N. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Dwiguna Depok Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 1(6), 244–249. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.330
Lestari, B. S., & Purnamasari, A. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Problem Focused Coping dengan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 4(1), 15. https://doi.org/10.26555/jptp.v4i1.23351
Ningsih, S. P., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (self-Confidence) pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. MAJU, 8(2), 621–628.
Novitasari, I., Budiana, S., & Tampubolon, S. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Percaya Diri Siswa. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 53–61. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v11i1.7193
Nurhasanah, N., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Azmi, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(4), 571–581. https://doi.org/10.29303/griya.v3i4.404
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178–189. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317
Riska, R., Azis, A., & Tarman, T. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 389–401. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1405
Sari, R. P., Zulela, Z., Sari, Y., Nurhayati, S., & Rasmita, R. (2020). Peran Pengaturan Diri dan Konsep Diri terhadap Prestasi Pelajaran IPS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.22236/jipd.v6i1.147
Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 141. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7526
Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Wulandari, S. A., Suhendri, & Setiawan, A. (2024). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi terhadap Kepercayaan Peserta Didik Kelas XI SMA N 3 Pati. Jurnal UPGRIS, 2(1), 3953.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













