ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI KASTALON

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7245

Authors

  • Haryanti Dahlan Universitas Pattimura
  • Saharuddin Universitas Pattimura

Keywords:

Kesalahan Mahasiswa, Program Linear, Teori Kastalon.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mata kuliah program linear khususnya pada materi metode simpletks. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan tiga mahasiswa mata kuliah program linear yang dipilih secara purposive, masing-masing mewakili mahasiswa yang rata-rata nilai tugas tertinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori kastalon yang terdiri dari kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan rata-rata tugas tertinggi dan mahasiswa dengan nilai rata-rata tugas rendah melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. Mahasiswa dengan rata-rata tugas rendah melakukan kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan konseptual terjadi pada kasus minnimisasi yang di ubah ke maksimisasi namu tidak memperhatian perkalian dengan -1. Kesalahan Prosedural terjadi akibat tidak menggunakan metode simpleks dalam menyelesaikan soal dan menghentikan perhitungan sebelum mencapai penyelesaian yang optimal. Kesalahan Teknik terjadi akibat salah dalam penggurangan pecahan dan tidak memperhatikan penggunaan tanda negatif paada kasus minimisasi. Adapun penyebab kesalahan yaitu mahasiswa tidak memahami konsep dengan baik, terlalu terburu-buru, dan tidak memperhatikan instruksi soal. Secara keseluruhan kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan konseptual. Kesimpulan kesalahan konseptual merupakan kesalahan yang paling banyak sehingga penting bagi mahasiswa untuk memahami konsep dengan baik terutama yang berkaitan dengan materi metode simpleks. Selain konseptual, prosedural dan teknik perlu juga diperhatikan dalam hal menyelesaikan soal pada metode simpleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, M. P., Bouk, Y. M., & Popo, A. T. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Sistem Persamaan Linear Dengan Operasi Baris Elementer Kelas Aljabar Linear Dan Matriks. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(03), 301–309. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810

Haryanti Dahlan, Sitti Rahmah Tahir, U. M. (2021). Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ) Berdasarkan. Journal of Natural Science and Technology ADPERTISI, 1(1), 40–53.

Hasanah, R., Yuanita, P., Saragih, S., & Roza, Y. (2023). 10.47435/jtmt.v4i02.1975 Analysis Of Student Errors On Algebraic Form Material Based On Kastolan. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(02), 190–196. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975 DOI: https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975

Kartika Birawan, Amira Prameswati, Muhammad Gefika Abdulrafi, Siti Raina Az Zahra, & Ahmad Fu’adin. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Tingkat Smp. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29 DOI: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29

Kartini, M. A. Z. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan aljabar menurut teori Kastolan. Peningkatan Kinerja Dosen Melalui Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 243–257.

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687 DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Mimi Nur Hajizah, & Ellis Salsabila. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749

Putriana, D., Harun, L., & Utami, R. E. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Ditinjau dari Gaya Kognitif Implusif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(5), 321–327. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.15819 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.15819

Rahmah, V. A., Prasetyo, A., Matematika, P., Negeri, I., Ampel, S., & Pendahuluan, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEN GEOMETRI : TINJAUAN TEORI. 10, 1546–1562.

Ramadhani, S., Ismaimuza, D., Sukayasa, S., & Meinarni, W. (2024). Analysis of Students’ Errors in Solving Story Problems Based on Newman’s Error Analysis (NEA) on the Subject Matter of Linear Program in View of Students’ Mathematical Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(1), 110. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10310 DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10310

Rosidah, R., Minggi, I., & Audiwinanda, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Introver dan Ekstrover Berdasarkan Kriteria Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 69. https://doi.org/10.35580/imed32227 DOI: https://doi.org/10.35580/imed32227

Ruslianti, T., & Firmansyah, D. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 223–235. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1798 DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1798

Sitorus, G. E., Sibarani, K., Samosir, M. I., Manurung, H. C., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Deret Tak Hingga Berdasarkan Teori Kastolan. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 343–355. https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.8970 DOI: https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.8970

Utari, N. P. R., Wibawa, K. A., & Wena, I. M. (2024). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Soal Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 161–173. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355

Wulandari, N. P., & Lu’luilmaknun, U. (2022). Proses Pemecahan Masalah Siswa Impulsif pada Materi Program Linier. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1059–1071. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.264 DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.264

Yudianto, E., Dinia, L. R., Sugiarti, T., Kurniati, D., & Lestari, N. D. S. (2022). Analysis of Students’ Errors in Solving Curved Face Three-Dimensional Problems Based on Kastolan’S Stage Reviewed From Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles. MaPan, 10(2), 188–206. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a1 DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a1

Downloads

Published

2025-11-13

How to Cite

Dahlan, H., & Saharuddin, S. (2025). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI KASTALON. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1854–1870. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7245