DESKRIPSI ANTUSIASME BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA ZEP QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7228
Keywords:
Antusiasme Belajar, Matematika, ZEP Quiz, Pembelajaran Interaktif, Deskriptif KuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media ZEP Quiz. Antusiasme belajar merupakan salah satu indikator penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan kurang diminati. Media ZEP Quiz digunakan sebagai alat bantu interaktif berbasis game untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disusun berdasarkan lima indikator antusiasme belajar, yaitu: respon, perhatian, konsentrasi, kemauan, serta kesadaran dan keterlibatan diri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XID Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung skor rata-rata dan persentase dari tiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, siswa menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi terhadap pembelajaran matematika menggunakan media ZEP Quiz. Hal ini ditunjukkan oleh dominasi skor kategori “tinggi” pada hampir semua indikator. Dengan demikian, ZEP Quiz terbukti mampu menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa.
Downloads
References
Alda, M., Aulansari, S., Sawitri, D., & Junarda, W. (2024). Aplikasi Media Pembelajaran Kuis Interaktif pada SD Surya Bakti Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2875–2884. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12811
Andriani, F., Zukhrufurrohmah, Z., & Nelli, A. (2024). Strengthening activeness and learning interest in mathematics through problem-based learning among Grade XI Students. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.22219/jppg.v5i1.26519 DOI: https://doi.org/10.22219/jppg.v5i1.26519
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17 DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Azhari, A., Adhimah, O. K., & Huda, S. (2024). Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 444. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305 DOI: https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305
Chaerunnisa, Nurhaedah, & Rostina. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Antusiasme Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Evaluasi Pembelajaran. Global Journal Basic Education, 3(3), 599–606. https://doi.org/10.35458
Fatikhasari, D., Haq, M. M., Rosyidi, O. J., Sadieda, U., & Avivah, N. (2024). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. 5(2). DOI: https://doi.org/10.47650/elips.v5i2.1429
Miftah, M., & Syamsurijal, S. (2024). Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954 DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954
Prasetyo, S., Sumarno, S., & Khasanah, S. K. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika Materi FPB menggunakan Media Quizizz untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1411 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1411
Suci Ramadani, K., & Rizky Wandini, R. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IVdi SD IT Hidayatul Jannah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31844–31849. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12188
Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 15(1), 56–57. https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummi Kulsum, Wahyuni Fajar Arum, Agus Prasetyo Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













