EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS. DDI SONI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7221
Keywords:
Pembelajaran Probing Prompting, Pembelajaran Matematika, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini tergolong dalam jenis pra-eksperimen dengan tujuan mengkaji efektifitas penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk pembelajaran matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni di semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan satu kelas yang diambil selaku sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian dibuat menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, data penelitian mengindikasikan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik mencapai 80,85 dengan tingkat penyebaran data (standar deviasi) sebesar 7,962. dari skor maksimum 100. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar individu berada dalam kategori tinggi, sedangkan secara klasikal ketuntasan hasi belajar mencapai 80%. kemudian, ada peningkatan signifikansi terhadap hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkan oleh rata-rata gain ternormalisasi dalam kategori tinggi. Dari uji one sample T-test, nilai mean post-test berbeda secara signifikan dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Sehingga, dapat diberi kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model Probing Prompting efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni, khususnya dalam materi persamaan kuadrat.
Downloads
References
Diana, L. 2007. Efektifitas Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VII pada SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM
Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1).
Kurniati. 2017. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Icare Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas Vii Smp Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.
Purwanto, M Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Reskiawan, Dwinto. 2011. Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual Pokok Bahasan Himpunan pada Peserta didik Kelas VII SMPN 1 Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.
Sagala. 2006. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis peserta didik kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Syamsuadi, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Pada Peserta didik SMP. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 3(1), 1-11.
Syamsuddin, N. 2014. Efektivitas Penerapan Metode Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas Viii Smp Negeri 4 Pinrang. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM
Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model direct instruction dengan teknik probing prompting: Dampak terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 24-37.
Zakyah, N. 2014. Efektivitas Penerapan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:FMIPA UNM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 