EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS. DDI SONI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7221

Authors

  • Moh Jusri Kahar STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Rahmatul Ummu Arifin STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Murniati STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Sitti Hawaena STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan

Keywords:

Pembelajaran Probing Prompting, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini tergolong dalam jenis pra-eksperimen dengan tujuan mengkaji efektifitas penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk pembelajaran matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni di semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan satu kelas yang diambil selaku sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian dibuat menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, data penelitian mengindikasikan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik mencapai 80,85 dengan tingkat penyebaran data (standar deviasi) sebesar 7,962. dari skor maksimum 100. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar individu berada dalam kategori tinggi, sedangkan secara klasikal ketuntasan hasi belajar mencapai 80%. kemudian, ada peningkatan signifikansi terhadap hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkan oleh rata-rata gain ternormalisasi dalam kategori tinggi. Dari uji one sample T-test, nilai mean post-test berbeda secara signifikan dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Sehingga, dapat diberi kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model Probing Prompting efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni, khususnya dalam materi persamaan kuadrat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sitti Hawaena, STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan

Penelitian ini tergolong dalam jenis pra-eksperimen dengan tujuan mengkaji efektifitas penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk pembelajaran matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni di semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan satu kelas yang diambil selaku sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian dibuat menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, data penelitian mengindikasikan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik mencapai 80,85 dengan tingkat penyebaran data (standar deviasi) sebesar 7,962. dari skor maksimum 100. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar individu berada dalam kategori tinggi, sedangkan secara klasikal ketuntasan hasi belajar mencapai 80%. kemudian, ada peningkatan signifikansi terhadap hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkan oleh rata-rata gain ternormalisasi dalam kategori tinggi. Dari uji one sample T-test, nilai mean post-test berbeda secara signifikan dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Sehingga, dapat diberi kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model Probing Prompting efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni, khususnya dalam materi persamaan kuadrat.

References

Diana, L. 2007. Efektifitas Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VII pada SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1).

Kurniati. 2017. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Icare Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas Vii Smp Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Purwanto, M Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Reskiawan, Dwinto. 2011. Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual Pokok Bahasan Himpunan pada Peserta didik Kelas VII SMPN 1 Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Sagala. 2006. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis peserta didik kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Syamsuadi, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Pada Peserta didik SMP. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 3(1), 1-11.

Syamsuddin, N. 2014. Efektivitas Penerapan Metode Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas Viii Smp Negeri 4 Pinrang. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM

Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model direct instruction dengan teknik probing prompting: Dampak terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 24-37.

Zakyah, N. 2014. Efektivitas Penerapan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:FMIPA UNM.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Kahar, M. J., Arifin, R. U., Murniati, M., & Hawaena, S. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS. DDI SONI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1575–1589. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7221