ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN KECAMATAN KALAENA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7213
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, MatematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di SDN Kecamatan Kalaena. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN di Kecamatan Kalaena. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu guru non penggerak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di SDN Kecamatan Kalaena oleh guru non penggerak memenuhi 9 aspek, yaitu analisis kurikulum, tahap awal perancangan pembelajaran, motivator pembelajaran, tahap pelaksanaan awal pembelajaran, asesmen diagnostik, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi produk, dan tahap refleksi, (2) pada tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, guru non penggerak memberikan tugas kelompok berupa LKPD yang berisi soal yang sama untuk setiap kelompok, (3) pembelajaran yang dilakukan guru non penggerak cenderung berpusat pada guru.
Downloads
References
Adhi, K., & Khoiron, A., M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Cetakan Kedua. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Agung, P. (2020). Merdeka Belajar dan Penghapusan UN. Semarang: Lontar Merdeka.
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Ardhani, K., Tisngati, U., & Sugiyono, S. (2024). Kesiapan dan Hambatan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Arrohma. (2023). Kurukulum Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan & Latar Belakang. Bogor.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1).
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Bayumi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yokyakarta: CV Budi Utama.
Dwi, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 12 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Faiz, A., dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Group: Sebagai Instrumenn Penggalian Data Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48.
Jumrawarsi, J. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP KAB. PESISIR SELATAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10875-10883.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: CV. Afifa Utama.
Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 1(1), 67-72.
Moleong, L., J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L., J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mustafa, P. S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nasution, S. (2010). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuraini, N., Sandie, S., & Irvandi, W. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Motivasi Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4273-4285.
Purba, M., dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Patmaniar, P., Jumarniati, J., Hardiana, H., Taufiq, T., & Baharuddin, M. R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Digital Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2056-2071.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rokhmah, D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.
Sherly, D. E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers PT. Raja Grafindo Persada.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 53-62.
Undang-undang Sisdiknas. (2023). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Sinar Grafika.
Wisyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Impelementasinya, merdeka guru siswa, merdeka dosen mahasiwa, semua bahagia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kompas, Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 