ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN KECAMATAN KALAENA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7213

Authors

  • Elkana Lusina Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di SDN Kecamatan Kalaena. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN di Kecamatan Kalaena. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu guru non penggerak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di SDN Kecamatan Kalaena oleh guru non penggerak memenuhi 9 aspek, yaitu analisis kurikulum, tahap awal perancangan pembelajaran, motivator pembelajaran, tahap pelaksanaan awal pembelajaran, asesmen diagnostik, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi produk, dan tahap refleksi, (2) pada tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, guru non penggerak memberikan tugas kelompok berupa LKPD yang berisi soal yang sama untuk setiap kelompok, (3) pembelajaran yang dilakukan guru non penggerak cenderung berpusat pada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, K., & Khoiron, A., M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Cetakan Kedua. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Agung, P. (2020). Merdeka Belajar dan Penghapusan UN. Semarang: Lontar Merdeka.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Ardhani, K., Tisngati, U., & Sugiyono, S. (2024). Kesiapan dan Hambatan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Arrohma. (2023). Kurukulum Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan & Latar Belakang. Bogor.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1).

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Bayumi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yokyakarta: CV Budi Utama.

Dwi, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 12 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Faiz, A., dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Group: Sebagai Instrumenn Penggalian Data Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48.

Jumrawarsi, J. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP KAB. PESISIR SELATAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10875-10883.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: CV. Afifa Utama.

Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 1(1), 67-72.

Moleong, L., J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L., J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mustafa, P. S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nasution, S. (2010). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuraini, N., Sandie, S., & Irvandi, W. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Motivasi Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4273-4285.

Purba, M., dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Patmaniar, P., Jumarniati, J., Hardiana, H., Taufiq, T., & Baharuddin, M. R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Digital Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2056-2071.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rokhmah, D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.

Sherly, D. E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers PT. Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 53-62.

Undang-undang Sisdiknas. (2023). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Sinar Grafika.

Wisyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Impelementasinya, merdeka guru siswa, merdeka dosen mahasiwa, semua bahagia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kompas, Gramedia.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Lusina, E., Patmaniar, P., Alam, S., & Ma'rufi, M. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN KECAMATAN KALAENA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1563–1574. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7213

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>