INOVASI PEMBELAJARAN: APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7187
Keywords:
Inovasi pembelajaran, aplikasi desmos, kemampuan berpikir kritis siswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi desmos pada siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros pada materi lingkaran. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros sebanyak 21 siswa pada tahun pembelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi keaktifan yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji prasyarat analisis dan uji paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa sebelum perlakuan indikator terlemah adalah inferensi dengan rata-rata 2,76. Setelah perlakuan, mengalami peningkatan dengan rata-rata mencapai 8,33. Selain itu, indikator klarifikasi meningkat dari rata-rata 6,19 menjadi 9,95 pada posttest, indikator asesmen dari 4,43 menjadi 10,48 dan strategi dengan rata-rata 3,71 menjadi 7,19 setelah posttest. Peningkatan ini selaras dengan hasil keseluruhan, di mana rata-rata skor pretest sebesar 35,655 meningkat menjadi 74,876 pada posttest. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros antara sebelum dan setelah diterapkan inovasi pembelajaran aplikasi desmos pada materi lingkaran
Downloads
References
Arif, D. S. F., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Blyznyuk, T., & Kachak, T. (2024). Benefits of Interactive Learning for Students’ Critical Thinking Skills Improvement. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 11(1), 94–102. https://doi.org/10.15330/jpnu.11.1.94-102 DOI: https://doi.org/10.15330/jpnu.11.1.94-102
Haerunnisa, N., Pramita, D., Mandailina, V., Anwar, Y. S., Sudarwo, R., & Anam, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 1.
Hasannah, N., Solfema, S., & Syarifuddin, H. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 974–982. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.815 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.815
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). KONSEP DASAR MATEMATIKA FONDASI UNTUK BERPIKIR. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).
Janah, M., & Yasin, M. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Kurikulum Merdeka Abad 2.
Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Using network analysis for rapid, transparent, and rigorous thematic analysis: A case study of online distance learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2). https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33912 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33912
Lubis, D. M., Adrianto, I., Azizi, M. F., Lubis, S. I. A. R., Sidauruk, V. P., & Siregar, B. H. (2024). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Desmos Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas IX SMP Swasta Utama Medan pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 655–663. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.844 DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.844
Maharani, I., Aulia, D., Yani, E. P., Nisa, R. K., & Tumanggor, S. H. (2024). Penggunaan Aplikasi Desmos dalam Menyelesaikan Persamaan Grafik Trigonometri. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 29–35. DOI: https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.526
Meityastuti, I., & Wijaya, A. (2022). Jurnal Pedagogi Matematika. 39–48. https://doi.org/0.21831/jpm.v8i1.18555
Pasaribu, S. E., & Atifah, Y. (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP yang Diajar Dengan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3). https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28918
Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.
Rohana Silaen, Mutiara Lestari Aritonang, Feni Fantikasari Hasugian, Hendry Meiman Lahagu, & Melly A. Br.Sihombing. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 52–58. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1147 DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1147
Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 2(2), 175–184. DOI: https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1419
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Suryadinata, A. M. I. (2025). Metode Ceramah Dalam Pendidikan Islam (Keuntungan dan Keterbatasannya). Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6). https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7674
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saenab, Khaerani, Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













