KLASTERISASI HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7166
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, K-MeansAbstract
Di era saat ini, dua keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang pelajar adalah komunikasi dan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorikan keterampilan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta untuk menentukan hubungan di antara keduanya. Pendekatannya adalah kuantitatif, menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Karawang dan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes berbasis uraian yang dirancang untuk menilai kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan K-Means Clustering dan uji korelasi Rank Spearman untuk memeriksa hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap klaster ada hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa, tetapi tidak signifikan secara statistik. Sebaliknya, pada keseluruhan sampel, terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif di antara siswa. Dengan demikian, hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa signifikan pada keseluruhan sampel, tetapi tidak pada setiap klasternya.
Downloads
References
Aditya, A., Jovian, I., & Sari, B. N. (2020). Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Tahun 2018/2019. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 51. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1784 DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1784
Hakim, A. K., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Klari pada Materi Statistika Menurut Teori Brunner. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 434–443. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974
Kadir. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matemtatika 2008, 2, 339–350.
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388 DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
MacQueen, J. (1967). Some Methods fpr Classification and Analysis of Multivariate Observations. Proceedings of the Fifth Berkeley Symposium on Mathematical Statistics and Probability, Volume 1: Statistics, 5(1), 281–297. https://doi.org/10.1007/s11665-016-2173-6 DOI: https://doi.org/10.1007/s11665-016-2173-6
Nur Afidah, N. (2023). Penerapan Metode Clustering dengan Algoritma K-means untuk Pengelompokkan Data Migrasi Penduduk Tiap Kecamatan di Kabupaten Rembang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 729–738. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066 DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818
Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlational Research. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1754–1759. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1420 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1420
Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.883 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1031
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202 DOI: https://doi.org/10.1177/002205741619600202
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Suputra, I., Candiasa, I., & Suryawan, I. (2021). Klasterisasi Hasil Ujian Nasional SMA/MA dengan Algoritma K-Means. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 22–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/25380
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125. https://www.neliti.com/publications/502800/analisis-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-pada-materi-spldv.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













