MENUMBUHKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA MELALUI DEEP LEARNING: SEBUAH KAJIAN SISTEMATIK LITERATUR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7108
Keywords:
Pemahaman Konseptual Matematika, Deep Learning, Kajian Sistematik LiteraturAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih dominannya pembelajaran matematika yang bersifat prosedural dan berorientasi pada hasil akhir, sehingga pemahaman konseptual siswa cenderung lemah. Dalam konteks pendidikan abad ke-21 dan implementasi Kurikulum Merdeka, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir mendalam, reflektif, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren, strategi, serta efektivitas penerapan deep learning dalam pembelajaran matematika melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA. Data dikumpulkan dari basis jurnal internasional seperti Google Scholar dan Garuda dengan rentang publikasi tahun 2018–2025, kemudian dianalisis secara tematik untuk menemukan pola dan sintesis konseptual. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi problem-based learning, inquiry-based learning, reflective learning, dan collaborative learning efektif dalam menumbuhkan pemahaman konseptual siswa, terutama ketika dipadukan dengan teknologi digital seperti GeoGebra dan learning analytics. Pendekatan deep learning terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kritis, metakognitif, serta keterhubungan antar-konsep matematika yang berkelanjutan. Namun, implementasinya masih menghadapi kendala berupa keterbatasan kompetensi guru dan budaya belajar yang belum mendukung refleksi mendalam. Kesimpulannya, deep learning merupakan paradigma pembelajaran matematika yang relevan dan transformatif untuk mengembangkan pemahaman konseptual, berpikir tingkat tinggi, serta kesiapan siswa menghadapi tantangan pendidikan di era digital.
Downloads
References
Akbar, M., Putri, N. K., Febriani, S., Abunoya, J. I., & Sukemi, S. (2023). LITERATURE REVIEW: ANALYSIS OF WEAKNESS AND INHIBITING FACTORS IN THE IMPLEMENTATION OF THE MERDEKA CURRICULUM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, 2(1), 106–111. http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1318
Akib, H., Niswaty, R., Saleh, S., Arhas, S. H., Darwis, M., Nasrullah, M., Jamaluddin, J., Salam, R., Isgunandar, I., & Hasyim, N. (2024). Memahami Pembelajaran dengan Lebih Mendalam. https://repositori.ashapublishing.co.id/publications/590717/memahami-pembelajaran-dengan-lebih-mendalam
Amira Khoirunnisa, Damaryana Nurhani, Hanifah Ummu Ammaroh, Sarah Febri Cantikaarini, Zanira Nazmi Sihombing, & Augia Pramesthi. (2025). Deep Learning dalam Kurikulum Bahasa Mandarin: Peluang & Tantangan Berdasarkan Teori Pendidikan. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 293–306. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1845
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: Systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.
Astuti, O. S. W., Rukiyah, S., & Missriani, M. (2023). Tinjauan Literatur Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1001
Bawadi, S., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Pemahaman Konsep Matematika dengan Teknik Scaffoldıng: Systematic Literature Review. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 7–18.
Dalia, A., Muslihin, H. Y., & Nur, L. (2025). Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) Matematika Berbasis Permainan Congklak di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2), 202–210.
Fatmawati, W., Zuhri, M. S., & Purwaningsih, C. (2023). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TRIGONOMETRY HAND TRICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BAB TRIGONOMETRI DI SMAN 10 SEMARANG. Eksponen, 13(1), 12–24.
Fatmiyati, N., & Juandi, D. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1161–1176.
Gampu, G., & Ambarita, M. R. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 398–406.
Ge, W., Hu, T., Zhao, H., Liu, S., & Chen, Y.-C. (2023). Ref-neus: Ambiguity-reduced neural implicit surface learning for multi-view reconstruction with reflection. Proceedings of the IEEE/CVF International Conference on Computer Vision, 4251–4260. http://openaccess.thecvf.com/content/ICCV2023/html/Ge_Ref-NeuS_Ambiguity-Reduced_Neural_Implicit_Surface_Learning_for_Multi-View_Reconstruction_with_ICCV_2023_paper.html
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2025). ANALYSIS OF LEARNING EFFECTIVENESS USING THE DEEP LEARNING APPROACH IN ELEMENTARY SCHOOLS. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 9(2), 126–139. https://doi.org/10.56997/kurikula.v9i2.2083
Irfanuddin, F., Selamat, S., & Widodo, H. (2025). Analisis Implementasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum PAI di SD Negeri 125 Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(3), 1566–1576.
Isnayanti, A. N., Putriwanti, P., Kasmawati, K., & Rahmita, R. (2025). Integrasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 911–920.
Kholid, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. T esis. Univ ersitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. https://scholar.google.com/scholar?cluster=16837869607186942641&hl=en&oi=scholarr
Kholid, I. (2024). Karakteristik Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 268–279.
Kholid, I., Al Basyari, M. M., Anam, K., & Lestari, L. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN RPP DAN MODUL AJAR VERSI RINGKAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD/MI SE-KECAMATAN COMPRENG KABUPATEN SUBANG. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12413
Kholid, I., Chandra, M. R., Nurhadi, H., & Anwar, R. (2025). Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1). https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/16255
Kholid, I., Fathony, M. H., Rahman, A. Y., & Chandra, M. R. (2024). Analisis hasil belajar siswa berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 459–471.
Kholid, I., Rahayu, R., Fathony, M. H., & Anwar, R. (2025). STRATEGI DAN TANTANGAN INTEGRASI NILAI ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM MERDEKA: KAJIAN SISTEMATIK LITERATUR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(2), 487–497.
Kholid, I., & Rohaniawati, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1). https://www.researchgate.net/profile/Dede-Rohaniawati-2/publication/334185721_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MELALUI_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TARI_BAMBU/links/5f05dd1b92851c52d6209c59/MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-KOMUNIKASI-MELALUI-PEMBELAJARAN-KOOPERATIF-TIPE-TARI-BAMBU.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail
Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka: Implementation of problem based learning to improve students’ concept understanding: Literature review. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36.
Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the design society: international conference on engineering design, 1(1), 1633–1642. https://www.cambridge.org/core/journals/proceedings-of-the-international-conference-on-engineering-design/article/systematic-literature-reviews-an-introduction/40D4CEA7A7CC3FB6ED6233E79A0A2A1F
Li, L., & Tang, H. (2020). The Dynamic Mathematics Software for Teaching Variance. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 136. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.629
Mathew, A., Amudha, P., & Sivakumari, S. (2021). Deep Learning Techniques: An Overview. Dalam A. E. Hassanien, R. Bhatnagar, & A. Darwish (Ed.), Advanced Machine Learning Technologies and Applications (Vol. 1141, hlm. 599–608). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-15-3383-9_54
Muchson, M., Anas, M., & Forijati, R. (2025). Implementasi Pembelajaran Mendalam untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Strategi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 8, 199–212. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/8468
Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137.
Mustaghfirin, U. A., & Zaman, B. (2025). Tinjauan pendekatan pembelajaran mendalam Kemdikdasmen perspektif pendidikan Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 75–85.
Nindiasari, H., Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WHATSON. 2025, 10(3), 1234–1252.
Novita Barokah & Umi Mahmudah. (2025). Transformasi Pembelajaran Matematika SD Melalui Deep Learning: Strategi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521
Novitasari, F., Harun, L., Utami, R. E., & Susilawati, P. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Eksponen, 13(2), 77–89.
Purba, K. A., & Dewayanto, T. (2023). Penerapan artificial intelligence, machine learning dan deep learning pada Kurikulum Akuntansi-A systematic literature review. Diponegoro Journal of Accounting, 12(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/40194
Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13–26.
Rahayu, C., Setiani, W. R., Yulindra, D., & Azzahra, L. (2025). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 13(1), 9–25.
Rahmah, S., Saputra, A., Amelia, P., & Maulana, F. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT ATAU PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. 2025, 10(3), 1319–1328.
Rahmawati, F., Nurjanah, A., Dwi Pamungkas, M., & Aldila Krisma, D. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Guna Mendukung Proses Deep Learning di Kota Magelang. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 4(3), 206–217. https://doi.org/10.56855/income.v4i3.1696
Ramadani, M., Pujiastuti, H., Faturrohman, M., & Syamsuri, S. (2023). Integrasi Teknologi Desmos dalam Pembelajaran Matematika: A Systematic Literature Review. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 850–855.
Rizki, R. S. H., Nuraida, I., & Widiastuti, T. T. (2025). Membangun Pemahaman Konsep Matematis melalui Pendekatan Matematika Realistik: Systematic Literature Review. Jurnal Perspektif, 9(1), 131–146.
Rosiyati, D., Erviana, R., Fadilla, A., Sholihah, U., & Musrikah. (2025). PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 131–143. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.270
Sari, R. K. S. R. K. (2023). Upaya Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.
Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: Sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75.
Sharifani, K., & Amini, M. (2023). Machine learning and deep learning: A review of methods and applications. World Information Technology and Engineering Journal, 10(07), 3897–3904.
Siregar, J., Badriah, A., Aprilia, S., & Saifudin, A. (2025). Integrasi Manajemen Pendidikan, Deep Learning, dan AI dalam Pembelajaran Berbasis Masalah di SMK Kesehatan: Integration of Educational Management, Deep Learning, and AI in Problem-Based Learning at Health Vocational Schools. Al-Gafari: Manajemen dan Pendidikan, 3(2), 122–140.
Susanti, W., & Sudiansyah, S. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konseptual Dan Keterampilan Prosedural Matematika Melalui Pendekatan Diferensiasi Berbantuan Lkpd Terstruktur. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 61–70.
Tanjung, R. M. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI JABODETABEK: PENDEKATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT, 3(1), 204–216. https://doi.org/10.59024/jis.v3i1.1099
Tanreso, N. F., Aldasafitri, J., & Ain, N. (2025). ANALISIS LITERATUR: PERAN METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. 2025, 10(3), 1287–1295.
Utami, Y. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01), 17–21.
Wafi, A., Soraya, I., & Kurjum, M. (2025). RELEVANSI DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN PESANTREN: PENDEKATAN MEANINGFUL, MINDFUL, DAN JOYFUL LEARNING. 6(2).
Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456x17723971
Zafirah, Z., Wijaya, M. A., & Rohyana, H. (2025). STRATEGI DEEP LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. 1(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 