ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI LINIER BERDASARKAN TAKSONOMI ASHLOCK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7069

Authors

  • Andini Sahrani Daulay Universitas Negeri Medan
  • Nashwa Rahmadhani Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Anisah Larasati Universitas Negeri Medan
  • Dimas Rumahorbo Universitas Negeri Medan
  • Kholishoh Humairoh Lubis Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

fungsi linier, analisis kesalahan, Taksonomi Ashlock, algoritma, konseptual.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan yang dibuat oleh siswa saat mengerjakan soal fungsi linier dengan merujuk pada Taksonomi Ashlock. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 24 siswa kelas X di MAN 1 Medan pada tahun ajaran 2025/2026. Instrumen yang digunakan adalah empat soal uraian yang terdiri dari kategori mudah, sedang, dan sulit. Penilaian terhadap jawaban siswa dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan berdasarkan kategori yang terdapat dalam Ashlock, yaitu kesalahan operasi, kesalahan perhitungan yang jelas, algoritma yang tidak tepat, dan respon acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering teridentifikasi adalah respon acak dengan kriteria rendah, diikuti oleh kesalahan perhitungan yang jelas, kategori algoritma yang tidak tepat, dan kesalahan operasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian yang terstruktur meskipun mereka mengerti konsep dasar fungsi linier; oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang metode pengajaran yang lebih fokus pada pemahaman mendalam mengenai prosedur dan konsep serta mendorong siswa untuk memeriksa kembali hasil perhitungan guna meminimalkan kesalahan serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, N. W., & Salwah. (2025). Analisis Kesalahan Konseptual Siswa Dalam Menentukan Nilai Kosinus Sudut Tumpul Berdasarkan Taksonomi Ashlock. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2), 739- 748.

Ramadoni & Shakinah. (2023). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan metode newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147-158.

Nurfalah, I. A., Novtiar, C., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 205-214.

Pratiwi, R., & Anita, I. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1442–1454.

Sutisna, Entis. (2020). Relasi dan Fungsi Matematika Umum Kelas X. Tangerang: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKME.

Palias, F., Mampouw, H. L., & Kristen, U. (2020). Profil apos siswa SMP dalam menyelesaikan soal fungsi linear dan grafiknya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 964-975.

Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Journal on Education, 2(2), 225 232.

Tarigan, P. D., & Tasyah, N. (2024). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar linear. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 9(2), 123–135.

Mutmainah, M., Berahman, B., & Haeruddin, H. (2022, July). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 2, pp. 52-58).

Downloads

Published

2025-10-21

How to Cite

Daulay, A. S., Simatupang, N. R., Larasati, A., Rumahorbo, D., Lubis, K. H., & Siregar, B. H. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI LINIER BERDASARKAN TAKSONOMI ASHLOCK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1507–1518. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7069