ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI LINIER BERDASARKAN TAKSONOMI ASHLOCK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7069
Keywords:
fungsi linier, analisis kesalahan, Taksonomi Ashlock, algoritma, konseptual.Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan yang dibuat oleh siswa saat mengerjakan soal fungsi linier dengan merujuk pada Taksonomi Ashlock. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 24 siswa kelas X di MAN 1 Medan pada tahun ajaran 2025/2026. Instrumen yang digunakan adalah empat soal uraian yang terdiri dari kategori mudah, sedang, dan sulit. Penilaian terhadap jawaban siswa dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan berdasarkan kategori yang terdapat dalam Ashlock, yaitu kesalahan operasi, kesalahan perhitungan yang jelas, algoritma yang tidak tepat, dan respon acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering teridentifikasi adalah respon acak dengan kriteria rendah, diikuti oleh kesalahan perhitungan yang jelas, kategori algoritma yang tidak tepat, dan kesalahan operasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian yang terstruktur meskipun mereka mengerti konsep dasar fungsi linier; oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang metode pengajaran yang lebih fokus pada pemahaman mendalam mengenai prosedur dan konsep serta mendorong siswa untuk memeriksa kembali hasil perhitungan guna meminimalkan kesalahan serupa.
Downloads
References
Ashari, N. W., & Salwah. (2025). Analisis Kesalahan Konseptual Siswa Dalam Menentukan Nilai Kosinus Sudut Tumpul Berdasarkan Taksonomi Ashlock. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2), 739- 748.
Ramadoni & Shakinah. (2023). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan metode newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147-158.
Nurfalah, I. A., Novtiar, C., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 205-214.
Pratiwi, R., & Anita, I. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1442–1454.
Sutisna, Entis. (2020). Relasi dan Fungsi Matematika Umum Kelas X. Tangerang: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKME.
Palias, F., Mampouw, H. L., & Kristen, U. (2020). Profil apos siswa SMP dalam menyelesaikan soal fungsi linear dan grafiknya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 964-975.
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Journal on Education, 2(2), 225 232.
Tarigan, P. D., & Tasyah, N. (2024). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar linear. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 9(2), 123–135.
Mutmainah, M., Berahman, B., & Haeruddin, H. (2022, July). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 2, pp. 52-58).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 