ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI KASTOLAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7068

Authors

  • Ramanda Meridina Universitas Negeri Medan
  • Kevin Frans Samuel Gultom Universitas Negeri Medan
  • Lisda Karolin Br Barus Universitas Negeri Medan
  • Nurpadila Universitas Negeri Medan
  • Elsa Denada Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pertidaksamaan Linear, SMP, Metode Kastolan

Abstract

Pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) merupakan salah satu materi dasar dalam matematika SMP yang berperan penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah. Namun, kenyataannya banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menyusun model matematis, dan menyelesaikan persoalan PtLSV secara runtut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal PtLSV berdasarkan teori Kastolan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 20 siswa di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Sei Cabang melalui observasi, wawancara dan pemberian tes tertulis kepada siswa. Kemudian hasil tes dianalisis berdasarkan kategori kesalahan konseptual, prosedural, dan perhitungan. Di antara ketiganya, kesalahan terbesar adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan perhitungan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih memerlukan penguatan lebih lanjut, sehingga guru dianjurkan untuk lebih menekankan penguasaan konsep dasar, dengan menerapkan pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Dewi, N. R., & Ardiansyah, A. S. (2022). DASAR DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Penerbit Lakeisha.

Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1813–1820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1813-1820

Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9(3), 486. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5287

Kurniawati, S., Hulaili, S., Zurtania, B., & Hafifa, W. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078

Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM), 2(6), 471–482.

Ndek, K. Y., Suwanti, V., & Sumadji. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Kastolan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 89–101. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.89-101

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika Teori dan Contoh Praktek. Duta Pustaka Ilmu.

Nurhayati, Y., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis kesalahan konsep Siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 153–164. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.1754

Oktaviana Putri, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar Beserta Scaffolding. CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika), 2(01), 890–905. https://doi.org/10.35897/consistan.v2i01.1331

Patta, R., Latri, & Bahar. (2021). Matematika Dasar. In Badan Penerbit UNM (Issue 9). Badan Penerbit UNM.

Permaganti, B., & Zanthy, L. S. (2023). Studi analisis: kesalahan menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu Variabel. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 651–660. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.13890

Putri, S., Hasanah, A., & Herman, T. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Rasio Berdasarkan Teori Kastolan. CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika), 09(02), 890–905. https://doi.org/10.35897/consistan.v2i01.1331

Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078

Rohmah, A., & Mahmudah, W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Berdasarkan Tahapan Kastolan. Sigma, 10(1), 1. https://doi.org/10.53712/sigma.v10i1.2289

Siregar, B. H., Sinaga, S. M., Andini, P., Masita, N., Fadilla, N., Nainggolan, G. L., Waniza, E., & Siregar, D. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel: Perspektif Teori Kastolan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 798–807. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.926

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Meridina, R., Gultom, K. F. S., Br Barus, L. K., Nurpadila, N., Denada, E., & Siregar, B. H. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI KASTOLAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1431–1443. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7068