ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI KASTOLAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7068
Keywords:
Pertidaksamaan Linear, SMP, Metode KastolanAbstract
Pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) merupakan salah satu materi dasar dalam matematika SMP yang berperan penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah. Namun, kenyataannya banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menyusun model matematis, dan menyelesaikan persoalan PtLSV secara runtut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal PtLSV berdasarkan teori Kastolan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 20 siswa di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Sei Cabang melalui observasi, wawancara dan pemberian tes tertulis kepada siswa. Kemudian hasil tes dianalisis berdasarkan kategori kesalahan konseptual, prosedural, dan perhitungan. Di antara ketiganya, kesalahan terbesar adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan perhitungan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih memerlukan penguatan lebih lanjut, sehingga guru dianjurkan untuk lebih menekankan penguasaan konsep dasar, dengan menerapkan pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang relevan.
Downloads
References
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790
Dewi, N. R., & Ardiansyah, A. S. (2022). DASAR DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Penerbit Lakeisha.
Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1813–1820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1813-1820
Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9(3), 486. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5287
Kurniawati, S., Hulaili, S., Zurtania, B., & Hafifa, W. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM), 2(6), 471–482.
Ndek, K. Y., Suwanti, V., & Sumadji. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Kastolan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 89–101. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.89-101
Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika Teori dan Contoh Praktek. Duta Pustaka Ilmu.
Nurhayati, Y., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis kesalahan konsep Siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 153–164. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.1754
Oktaviana Putri, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar Beserta Scaffolding. CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika), 2(01), 890–905. https://doi.org/10.35897/consistan.v2i01.1331
Patta, R., Latri, & Bahar. (2021). Matematika Dasar. In Badan Penerbit UNM (Issue 9). Badan Penerbit UNM.
Permaganti, B., & Zanthy, L. S. (2023). Studi analisis: kesalahan menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu Variabel. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 651–660. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.13890
Putri, S., Hasanah, A., & Herman, T. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Rasio Berdasarkan Teori Kastolan. CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika), 09(02), 890–905. https://doi.org/10.35897/consistan.v2i01.1331
Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078
Rohmah, A., & Mahmudah, W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Berdasarkan Tahapan Kastolan. Sigma, 10(1), 1. https://doi.org/10.53712/sigma.v10i1.2289
Siregar, B. H., Sinaga, S. M., Andini, P., Masita, N., Fadilla, N., Nainggolan, G. L., Waniza, E., & Siregar, D. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel: Perspektif Teori Kastolan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 798–807. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.926
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 