PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DASAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK DRILL BERVARIASI DI SDN KUMPULREJO 2
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7049
Keywords:
Perkalian dasar, Teknik Drill, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Kemampuan perkalian dasar merupakan fondasi krusial dalam pembelajaran matematika, namun banyak siswa sekolah dasar masih menghadapi kesulitan. Tujuan: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dasar siswa kelas IV SDN Kumpulrejo 2 Kecamatan Parengan-Tuban melalui penerapan teknik drill yang bervariasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kumpulrejo II. Hasil: Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi, serta tes hasil belajar. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam perkalian, cenderung menggunakan hafalan atau penjumlahan berulang, dan belum memahami konsep perkalian yang benar, khususnya perkalian bersusun. Hasil tes awal juga mengonfirmasi bahwa sebagian besar siswa menggunakan penjumlahan berulang, beberapa mencoba perkalian bersusun namun hasilnya tidak tepat, dan sebagian lainnya belum menguasai perkalian sama sekali. Kesimpulan:Teknik drill bervariasi diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Downloads
References
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Cahyawati, C., & Eminita, V. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 77. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.77-84
Damayanti, R., Quratul Ain, S., Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan Dan, F., & Kesulitan, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas IV SDN 193 Pekanbaru. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (Vol. 2, Issue 4). https://jpion.org/index.php/jpi464Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Didaktika Jurnal Terakreditasi SINTA, W., Lestari, F., Antonio, J. P., Efendi, D., & Yeni, E. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JARIMATIKA DENGAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA : MATERI PERKALIAN DASAR. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15197
Farzana Sukaryo, A., & Mulyati Mustika Sari, R. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2). https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8212
Faujiah, S., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2588
Fuadi, Z., & Ahmadi, D. (2021). PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK. JURNAL DHARMA PENDIDIKAN, 16(1), 89–103. https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.160
Gema, A., Pasha, K., Pakarti Mahardika, G., & Sitompul, S. R. (2024). PENGARUH LATIHAN CONE DRILL TERHADAP KELINCAHAN DALAM PERMAINAN ROUNDNET DI SMK PGRI 5 JAKARTA BARAT. Journal Penjaskesrek, 11(2), 99–113. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek
I Wayan Sukarsana. (2023). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52131
Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Latipah, S., Maulidina, A., Sukma, Z., Ayun, R. Q., Komalasari, R., & Asiah, S. (2684). Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Al-Mau’izhoh E-ISSN (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8550
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Noviyanti Negeri Katonsari, E. S., Demak, K., & Demak Jalan Sultan Trenggono No, K. (2021). Implementasi Metode Drill dengan Permainan Berbasis Kearifan Lokal Jawa untuk Konsep Perkalian-Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Action Research Journal, 1(4), 2808–5159. https://doi.org/10.51651/arj.v1i4.308
Rahayu, I., Yudho Prastowo, A., Ni, F., & Kunci, K. (n.d.). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej/index
Redasi, L. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill. 4(3), 296–301. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Sd, J., & Sukmjaya, N. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK DRILL DI KELAS 1 SD NEGERI SUKMAJAYA 1 KOTA CILEGON-BANTEN. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 1). https://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7159
Sportindo, J., Agustini, R. A., Parlindungan, P., Aspar, M., Gery, M. I., & Olahraga, P. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS PANJANG BULU TANGKIS DENGAN METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS IX SMP PGRI 32 JAKARTA). https://doi.org/10.24853/jsi.2.2.30-40
Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Sutarni, S. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE DRILL. 7(1), 1–8. https://doi.org/10.54314/jpe.v7i1.451
Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2). https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 