PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DASAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK DRILL BERVARIASI DI SDN KUMPULREJO 2

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7049

Authors

  • Anis Umi Khoirotunnisa’ IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ari Indriani IKIP PGRI Bojonegoro
  • Rosalinda IKIP PGRI Bojonegoro
  • Devi Titin Sofia IKIP PGRI Bojonegoro
  • Siti Afit Tina IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Perkalian dasar, Teknik Drill, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kemampuan perkalian dasar merupakan fondasi krusial dalam pembelajaran matematika, namun banyak siswa sekolah dasar masih menghadapi kesulitan. Tujuan: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dasar siswa kelas IV SDN Kumpulrejo 2 Kecamatan Parengan-Tuban melalui penerapan teknik drill yang bervariasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kumpulrejo II. Hasil: Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi, serta tes hasil belajar. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam perkalian, cenderung menggunakan hafalan atau penjumlahan berulang, dan belum memahami konsep perkalian yang benar, khususnya perkalian bersusun. Hasil tes awal juga mengonfirmasi bahwa sebagian besar siswa menggunakan penjumlahan berulang, beberapa mencoba perkalian bersusun namun hasilnya tidak tepat, dan sebagian lainnya belum menguasai perkalian sama sekali. Kesimpulan:Teknik drill bervariasi diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Cahyawati, C., & Eminita, V. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 77. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.77-84

Damayanti, R., Quratul Ain, S., Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan Dan, F., & Kesulitan, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas IV SDN 193 Pekanbaru. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (Vol. 2, Issue 4). https://jpion.org/index.php/jpi464Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Didaktika Jurnal Terakreditasi SINTA, W., Lestari, F., Antonio, J. P., Efendi, D., & Yeni, E. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JARIMATIKA DENGAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA : MATERI PERKALIAN DASAR. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15197

Farzana Sukaryo, A., & Mulyati Mustika Sari, R. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2). https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8212

Faujiah, S., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2588

Fuadi, Z., & Ahmadi, D. (2021). PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK. JURNAL DHARMA PENDIDIKAN, 16(1), 89–103. https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.160

Gema, A., Pasha, K., Pakarti Mahardika, G., & Sitompul, S. R. (2024). PENGARUH LATIHAN CONE DRILL TERHADAP KELINCAHAN DALAM PERMAINAN ROUNDNET DI SMK PGRI 5 JAKARTA BARAT. Journal Penjaskesrek, 11(2), 99–113. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek

I Wayan Sukarsana. (2023). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52131

Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Latipah, S., Maulidina, A., Sukma, Z., Ayun, R. Q., Komalasari, R., & Asiah, S. (2684). Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Al-Mau’izhoh E-ISSN (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8550

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Noviyanti Negeri Katonsari, E. S., Demak, K., & Demak Jalan Sultan Trenggono No, K. (2021). Implementasi Metode Drill dengan Permainan Berbasis Kearifan Lokal Jawa untuk Konsep Perkalian-Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Action Research Journal, 1(4), 2808–5159. https://doi.org/10.51651/arj.v1i4.308

Rahayu, I., Yudho Prastowo, A., Ni, F., & Kunci, K. (n.d.). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej/index

Redasi, L. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill. 4(3), 296–301. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Sd, J., & Sukmjaya, N. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK DRILL DI KELAS 1 SD NEGERI SUKMAJAYA 1 KOTA CILEGON-BANTEN. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 1). https://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7159

Sportindo, J., Agustini, R. A., Parlindungan, P., Aspar, M., Gery, M. I., & Olahraga, P. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS PANJANG BULU TANGKIS DENGAN METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS IX SMP PGRI 32 JAKARTA). https://doi.org/10.24853/jsi.2.2.30-40

Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Sutarni, S. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE DRILL. 7(1), 1–8. https://doi.org/10.54314/jpe.v7i1.451

Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2). https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.92

Downloads

Published

2025-10-05

How to Cite

Khoirotunnisa’, A. U., Indriani, A., Rosalinda, R., Sofia, D. T., & Tina, S. A. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DASAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK DRILL BERVARIASI DI SDN KUMPULREJO 2. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1329–1341. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7049