ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7045

Authors

  • Novi Ismiasih Universitas Sunan Drajat
  • Hermanto Universitas Bakti Indonesia

Keywords:

pembelajaran matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan konsep-konsep matematika dengan budaya lokal, sehingga siswa dapat memahami matematika melalui konteks kehidupan sehari-hari yang lebih dekat dengan mereka. Dalam pembelajaran di SMA, pendekatan ini berpotensi meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, serta sikap positif siswa terhadap matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan analisis kualitatif terhadap beberapa penerapan etnomatematika dalam materi seperti geometri, pola bilangan, dan statistika. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi etnomatematika mampu menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna. Selain itu, pendekatan ini juga memperkuat pelestarian budaya lokal serta menumbuhkan rasa identitas dan kebanggaan siswa terhadap warisan budayanya. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mulai mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai bagian dari inovasi dalam pembelajaran matematika).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barton, B. (2020). The Language of Mathematics: Telling Mathematical Tales. Springer

Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic Analysis: A Practical Guide. SAGE Publications

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.)

D’Ambrosio, U. (2016). Ethnomathematics: A Cultural Approach to Mathematics Education. Sense Publishers

Given, L. M. (Ed.). (2016). The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods. SAGE Publications

Orey, D. C., & Rosa, M. (2021). Ethnomathematics and culturally relevant mathematics education. In J. L. de Freitas & M. Orey (Eds.), Evolving Ethnomathematics Research on Diverse Indigenous Cultures

Pertiwi, D. K., & Yusnia, R. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 45–56.

Raco, J. R. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Prenadamedia Group.

Susilawati, E., & Wahyudin. (2017). The Implementation of Ethnomathematics in Mathematics Learning. International Journal of Education and Research, 5(7), 333–342

Widada, W., Kartowagiran, B., & Jailani. (2019). Developing Character through Ethnomathematics: A Study in Indonesian Context. International Journal of Instruction, 12(1), 133–150

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Ismiasih, N., & Hermanto, H. (2025). ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1388–1399. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7045