ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7004

Authors

  • Wiwi Rosfiana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Analisis Kesalahan, Masalah Kontekstual, Newman

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeksripsikan kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman. Penelitian ini dilaksanakan di MIS 08 Belopa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa, yaitu satu siswa prestasi belajar sedang dan satu siswa prestasi belajar tinggi. Instrumen dalam penelitian ini terbagi dua jenis yaitu instrumen utama yang merupakan peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah tes, wawancara, dan alat rekam audio. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesalahan yang dialami siswa prestasi sedang dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan proses penyelesaian, dan kesalahan penentuan jawaban akhir dan kesalahan yang dialami siswa prestasi tinggi dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman yaitu kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan penentuan jawaban akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (1989). Studi tentang Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita (Doctoral dissertation, Tesis. Malang: PPs IKIP Malang).

Anggreni, C., Puspadewi, K. R., & Noviyanti, P. L. (2020, July). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Pemecahanmasalah Dengan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas Ix C Smpcipta Dharma. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 73-80.

Delfita, O., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Media Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 257.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti kata analisis - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses tanggal 28 Mei 2024.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti kata salah - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses tanggal 28 Mei 2024.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.

Rindyana, B., & Chandra, T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasusman Malang 2 Batu). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/ISBN: 978 – 602 – 1150 – 19 – 1

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311-322.

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suci, A. D. K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Rosfiana, W., Ma'rufi, M., Alam, S., & Patmaniar, P. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1444–1456. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7004

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>