ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7004
Keywords:
Analisis Kesalahan, Masalah Kontekstual, NewmanAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeksripsikan kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman. Penelitian ini dilaksanakan di MIS 08 Belopa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa, yaitu satu siswa prestasi belajar sedang dan satu siswa prestasi belajar tinggi. Instrumen dalam penelitian ini terbagi dua jenis yaitu instrumen utama yang merupakan peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah tes, wawancara, dan alat rekam audio. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesalahan yang dialami siswa prestasi sedang dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan proses penyelesaian, dan kesalahan penentuan jawaban akhir dan kesalahan yang dialami siswa prestasi tinggi dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kriteria Newman yaitu kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan penentuan jawaban akhir.
Downloads
References
Abidin, Z. (1989). Studi tentang Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita (Doctoral dissertation, Tesis. Malang: PPs IKIP Malang).
Anggreni, C., Puspadewi, K. R., & Noviyanti, P. L. (2020, July). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Pemecahanmasalah Dengan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas Ix C Smpcipta Dharma. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 73-80.
Delfita, O., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Media Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.
Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 257.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti kata analisis - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses tanggal 28 Mei 2024.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti kata salah - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses tanggal 28 Mei 2024.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.
Rindyana, B., & Chandra, T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasusman Malang 2 Batu). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/ISBN: 978 – 602 – 1150 – 19 – 1
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311-322.
Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suci, A. D. K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 