KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA RITUAL ADAT KEMATIAN NEBO MASYARAKAT LEWOLERE

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6936

Authors

  • Mariana Marta Towe Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Wilminche M.D.E.L. Kelen Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Keywords:

Etnomatematika, Ritual Adat Kematian, Nebo

Abstract

Budaya adalah tradisi yang diwariskan yang bersifat turun temurun. Ritual adat merupakan tradisi yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat tertentu dan diwariskan dari generasi ke generasi. Etnomatematika dapat diartikan sebagai matematika yang dipraktikkan oleh kelompok budaya. Masyarakat sering kali tidak menyadari bahwa mereka telah menerapkan berbagai konsep matematika dalam pelaksanaan adat istiadat dan budaya mereka. Ritual adat kematian “Nebo” merupakan sebuah ritual adat dalam kebudayaan Lamaholot secara umum, namun dalam pelaksanaannya setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing, begitu juga dengan masyarakat Lewolere. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan aspek-aspek matematika dan aktivitas matematis yang terkandung dalam  ritual adat kematian “Nebo” masyarakat Lewolere, Larantuka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskrptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 orang tokoh adat dan 3 orang masyarakat yang pernah mengikuti ritual adat kematian tersebut. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ritual adat kematian “Nebo” masyarakat Lewolere mengandung unsur-unsur matematika seperti logika, peluang, geometri, barisan dan deret. Selain itu, aktivitas tersebut juga berkaitan dengan aktivitas fundamental matematis yaitu caunting, locating, measuring, explaining.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. C. Orey and M. Rosa, “Ethnomathematics: Teaching and Learning Mathematics from a Multicultural Perspective,” J. Math. Cult., Vols. Vol. 1, No.1, pp. 57-78, May 2006.

Danoebroto, S.W. (2020). Kaitan Antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. IndonesianDigital Journal of Mathematics and Education, Vol. 7, No. 1

Dominikus, W. S. (2017). “Ethnomathematical Ideas in The Weaving Practice of Adonara Society. Journal of Mathematics and Culture, Vol. 11, No. 4

Fauzi, L. M., Gazali, M., Fauzi. A. Ethnomathematics: A mathematical exploration on the layout of tui gubuk and the architecture of Segenter Traditional House. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika. 7(2), 135-148.

Gerdes,P.(1994). Reflection on Ethnomathematics. For the Learning of Mathematics, 14(2), 19-21.

Linling, Y. dan uryadi, N. 2022. Ethnomathematics in The Culture of Mountain Rice Farming of The Dayak Kanayatn Community. Ethnomathematics Journal Vol. 3 N0. 1.

M. W. Yusuf, I. Saidu, and A. Halliru, “Ethnomathematics (A Mathematical Game in Hausa Culture),” Int. J. Math. Sci. Educ. © Technomathematics Res. Found, 2010.

Netriwati, Irma, A., Putra, R.W. 2021. Mengupas Materi dan Soal Bangun Datar SMP. Arjasa Pratama. Bandar Lampung.

Normina. 2017. Pendidikan dalam kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.28 Oktober 2017

Patma Sopamena dan Fahruh Juhaevah. 2019. Karakteristik etnomatematika suku Nuaulu di Maluku pada simbl adat Cakalele. Barekeng Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan 13(2): 075-084. DOI:10.30598/barekengvol13iss2pp075-084ar772

U. D’Ambrosio, “Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics,” Learn. Math., Vols. Vol. 5, No. 1, pp. 44-48, 1985.

W. S. Dominikus, “Etnomatematika Suku Adonara di Nusa Tenggara Timur,” Universitas Negeri Malang, Disertasi tidak dipublikasikan, Malang, 2017.

Wahyuni, Astri dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karkter Bangsa. Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Marta Towe, M., & Kelen, W. M. (2025). KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA RITUAL ADAT KEMATIAN NEBO MASYARAKAT LEWOLERE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1157–1167. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6936