KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6904

Authors

  • Sa’adduddin Sani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Habibi Ratu Perwira Negara Universitas Islam Negeri Mataram
  • Fadrik Adi Fahrudin Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Koneksi Matematis, Discovery Learning, Resilensi matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa yang berdampak pada kesulitan dalam memahami dan menghubungkan konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan tingkat resiliensi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experiment tipe Pretest dan Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 62 siswa kelas VIII SMP Cendekia NW Aiklomak yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis dan angket resiliensi matematis, kemudian dianalisis menggunakan Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang diajar dengan Discovery Learning dan metode konvensional (Sig. = 0,000 < 0,05). Selain itu, resiliensi matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis (Sig. = 0,000 < 0,05), di mana siswa dengan resiliensi tinggi memperoleh hasil lebih baik dibandingkan siswa dengan resiliensi sedang dan rendah. Namun, tidak ditemukan interaksi signifikan antara model pembelajaran dan resiliensi matematis (Sig. = 0,946 > 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis, serta resiliensi matematis merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Badrus, M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5 . 0 (Issue December).

Eny Hartadiyati WH, Latifa Nur Anisa, D. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif Pada Kelas Indoor Dengan Menggunakan Discovery Learning. Prosiding Webinar Biofair, 138–154. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/download/4187/2853

Fahrudin, F. A. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185 DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185

Fahrudin, F. A. (2018). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Taksonomi Solo. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451

Fahrudin, F. A., & Wardhani, I. S. (2025). Integrative-Interconnective Approach In Sets : A Teaching Material Development for Enhancing Students ’ Conceptual Understanding. 8(1), 21–35. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v8i1.89052

Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617 DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617

Imam, F. N. (2023a). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2072–2082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2263

Imam, F. N. (2023b). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Dan Faktor Gender Pada Materi Bangun Ruang ….

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135–144. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1032 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1032

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Kurnia, L., & Edwar, A. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Lala Maulaya Nurmala, N. E. Z. dan A. M. R. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis. 4(1), 174–182. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8828

Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445

Matematika, H. B. (n.d.). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN. 57–64.

Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1)(December), 1–12. https://www.researchgate.net/profile/Dessy-Meylinda/publication/321839536_KEMAMPUAN_KONEKSI_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_SEKOLAH/links/5a346802a6fdcc769fd23811/KEMAMPUAN-KONEKSI-DALAM-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-DI-SEKOLAH.pdf

Moreno, M., & Coban Cruz, C. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. 1–20.

Muhamad, N. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. 9–22.

Ningrum, H. U. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. 2, 679–686.

Nurhayati, Y., & Nimah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233–246. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866 DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866

Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN. November, 403–414.

Rodiawati, L. (2017). Perbandingan Koneksi Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Knisley. Euclid, 3(2), 548–560. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.333 DOI: https://doi.org/10.33603/e.v3i2.333

Setiaji, F., & Suherman, S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Learning Start With A Question. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3544 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3544

Wardono, M. dan. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan. 1, 568–574. DOI: https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3

Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). MATERI LINGKARAN. 4(2), 79–90. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

S'aduddin sani, S., Negara, H. R. P., & Fahrudin, F. A. (2025). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1132–1148. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6904