KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6904
Keywords:
Koneksi Matematis, Discovery Learning, Resilensi matematisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa yang berdampak pada kesulitan dalam memahami dan menghubungkan konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan tingkat resiliensi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experiment tipe Pretest dan Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 62 siswa kelas VIII SMP Cendekia NW Aiklomak yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis dan angket resiliensi matematis, kemudian dianalisis menggunakan Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang diajar dengan Discovery Learning dan metode konvensional (Sig. = 0,000 < 0,05). Selain itu, resiliensi matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis (Sig. = 0,000 < 0,05), di mana siswa dengan resiliensi tinggi memperoleh hasil lebih baik dibandingkan siswa dengan resiliensi sedang dan rendah. Namun, tidak ditemukan interaksi signifikan antara model pembelajaran dan resiliensi matematis (Sig. = 0,946 > 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis, serta resiliensi matematis merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa.
Downloads
References
Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.
Badrus, M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5 . 0 (Issue December).
Eny Hartadiyati WH, Latifa Nur Anisa, D. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif Pada Kelas Indoor Dengan Menggunakan Discovery Learning. Prosiding Webinar Biofair, 138–154. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/download/4187/2853
Fahrudin, F. A. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185 DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185
Fahrudin, F. A. (2018). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Taksonomi Solo. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451
Fahrudin, F. A., & Wardhani, I. S. (2025). Integrative-Interconnective Approach In Sets : A Teaching Material Development for Enhancing Students ’ Conceptual Understanding. 8(1), 21–35. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v8i1.89052
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617 DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617
Imam, F. N. (2023a). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2072–2082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2263
Imam, F. N. (2023b). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Dan Faktor Gender Pada Materi Bangun Ruang ….
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.
Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135–144. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1032 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1032
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517
Kurnia, L., & Edwar, A. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537
Lala Maulaya Nurmala, N. E. Z. dan A. M. R. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis. 4(1), 174–182. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8828
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445
Matematika, H. B. (n.d.). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN. 57–64.
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1)(December), 1–12. https://www.researchgate.net/profile/Dessy-Meylinda/publication/321839536_KEMAMPUAN_KONEKSI_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_SEKOLAH/links/5a346802a6fdcc769fd23811/KEMAMPUAN-KONEKSI-DALAM-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-DI-SEKOLAH.pdf
Moreno, M., & Coban Cruz, C. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. 1–20.
Muhamad, N. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. 9–22.
Ningrum, H. U. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. 2, 679–686.
Nurhayati, Y., & Nimah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233–246. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866 DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866
Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN. November, 403–414.
Rodiawati, L. (2017). Perbandingan Koneksi Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Knisley. Euclid, 3(2), 548–560. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.333 DOI: https://doi.org/10.33603/e.v3i2.333
Setiaji, F., & Suherman, S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Learning Start With A Question. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3544 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3544
Wardono, M. dan. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan. 1, 568–574. DOI: https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3
Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). MATERI LINGKARAN. 4(2), 79–90. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.