IMPLEMENTASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN STEMATH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SMP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6852

Authors

Keywords:

Realistic Mathematic Education, kemampuan berpikir matematis, Stemath

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap penting dan berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Maka dari itu, penguasaan kemampuan berpikir matematis dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi siswa dalam menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa pada kelas VIII di SMP N 5 Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan bentuk penelitian quasi experimental design. Penelitian dilakukan di SMPN 5 Pati. Populasi penelitian ini adalah 272 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan berpikir matematis. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji t, dan uji N-Gain. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran RME berbantuan media Stemath lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang ajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir matematis dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Stemath.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, I. P., Payadnya, A., Wena, M., Noviantari, S., Putra, M., Palgunadi, K., Dewi, A., & Pradnyanita, C. (2023). Development of RME Learning Media Based on Virtual Exhibition to Improve Students’ High Order Thinking Skills (HOTS). Mathematics Teaching Research Journal, 15(5), 129–156. https://commons.hostos.cuny.edu/mtrj/

Amanda, Y. R., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2025). Meta-Analysis: The Effect of Realistic Mathematics Education (RME) on Improving Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Research and Review, 12(1), 148–155. https://doi.org/10.52403/ijrr.20250118

Anjarwati, S., Adiwahyono, T., Adawiya, R., Ariyani, Y. D., & Susilowati, I. T. (2025). Effectiveness of the Realistic Mathematics Education Approach in Mathematics Learning. Proceedings of the 1st Alma Ata International Conference on Education (AAICE 2023), 182–192. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-414-3_16

Astutik, N., Fayeldi, T., & Suwanti, V. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Android Aritmatika Sosial Metode Realistik Untuk Membangun Pemahaman Konsep. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 23–39.

Bintoro, H. S., Rahayu, R., & Murti, A. C. (2021). Design Of Ethnomathematics Mobile Module To Facilitate Students Mathematical Thinking Ability. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2362–2372. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4169

Fiqri, A. R. S. (2023). Pengaruh Model Pmebelajaran Auditory Intelectualy Reprtition (AIR)Berbantuan Media PiMatika Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis dan Self-Efficacy [Skripsi]. Universitas Muria Kudus.

Harahap, I. H., & Sari, D. N. (2022). Application of Realistic Mathematics Education (RME) To Improve The Students’ Mathematical Communication Ability. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 598–606. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.423

Herman, T. (2023). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis. Indonesia Emas Group.

Hidayat, R., & Musdi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. JPMR, 06(03), 22–31. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Kafillah, M., & Firmansyah, D. (2024). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Pada Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prosiding Sesiomedika, 5(2), 347–355.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT.Refika Aditama.

Marfuah, S., Irsadi, A., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu berbentuk jigsaw puzzle pada tema ekosistem dan pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Margoyoso Kabupaten Pati. Unnes Science Education Journal, 3(2), 528–534.

Moore, B. N., & Parker, R. (1986). Critical Thinking: Evaluating Claims and Argument in Everyday Life. Mayfield Publishing Company.

Mustapa. (2024). Kelas Matematika Seru dengan Model Pembelajaran CRH, RME dan TAI. CV. Adanu Abimata.

Nafia, S. I., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2023). Pengaruh Model RME Berbantuan Media Pemath terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(2), 52–60. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Nurbani, & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika Di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 89–96.

Nurmudi. (2019). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Derivat, 6(2), 73–84.

Ottinger, S. (2018). Mathematical conjecturing and proving: The structure and effects of process characteristics from an individual and social-discursive perspective [Disertasi]. Universitas Ludwig Maximilian Munich.

Primasatya, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Melalui Pendekatan Realistik Berbantuan Brosur Promosi Rumah. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(1), 55–67.

Sari, W., Nasriadi, A., & Salmina, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Menyelsaikan Soal UAS pada Tahun Ajaran 2020 Di SMAN 1 Teluk dalam kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Repsesentasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 7–18. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/610

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V5I2.635

Stacey, K. (2010). Tingking Mathematically: Second Edition. Pearson Educion.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.

Sulistyo, L., & Dwidayati, N. K. (2021). Literasi matematika Indonesia perlu bercermin literasi matematika Cina: Tinjauan literatur. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 282–288. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44917

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Kencana.

Thompson, C. (2011). Critical Thinking Across The Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9).

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–3. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Uyangör, S. M. (2019). Investigation of the Mathematical Thinking Processes of Students in Mathematics Education Supported with Graph Theory. Universal Journal of Educational Research, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070101

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Risya Putri Alifiyani, Ratri Rahayu, & Henry Suryo Bintoro. (2025). IMPLEMENTASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN STEMATH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1055–1071. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6852