ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG SEBAGAI PENERAPAN KONSEP MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6846

Authors

  • Yugi Hilmi Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Himatul Islamiati Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Astri Rahmawati Universitas Cipasung Tasikmalaya

Keywords:

Etnomatematika, Permainan Kelereng, Geometri Dasar

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu strategi pembelajaran yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya ke dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi etnomatematika pada permainan kelereng terhadap konsep geometri dasar. Metode penelitian ini menggunakan etnografi dengan pendekatan kualitatif eksploratif yaitu pendekatan yang bersifat empiris dan teoritis untuk memperoleh gambaran serta analisis yang mendalam terkait permainan kelereng melalui kegiatan langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergerakan kelereng memiliki etnomatematika yang mengandung konsep matematika terutama dalam geometri dasar yaitu titik, garis, bangun datar dan bangun ruang. Beberapa bentuk bangun datar yang dapat dibentuk dari permainan ini seperti lingkaran, segitiga dan persegi. Selain itu, bentuk kelereng juga termasuk kedalam salah satu bangun ruang yakni bola. Melalui budaya lokal, konsep geometri dasar dapat dikenalkan dan dipahami secara kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, I. P., Wulandari, F., Khafidz, A. A. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Permainan Tradisional Kelereng. Artik: Artikel Karya Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 1(1), 42-52.

Astuti, W., & Madawistama, S. T. (2025). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Penerapan Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 6(1), 34-40.

Azkiya, M. A., & Harahap, M. S. (2025). Studi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 163-171.

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303.

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaninan tradisional bagi anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 115–134.

Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 107-116.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: eksplorasi dalam permainan tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1.

Riza, M., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 20–31. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2275.

Sartika, D., & Komalasari, K. (2025). Kajian Ethnomatematika dalam Tradisi Permainan Meriam Karbit pada Etnis Melayu Pontianak dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 99-106.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumayani, Zaenuri, & Junaedi, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Suku Sasak Kajian Makanan Tradisional. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 521–526.

Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1312.

Werdiningsih, C. E. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Makanan Tradisional (Studi Kasus Pada Lepet Ketan). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 112–121. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1433.

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Hilmi, Y., Himatul Islamiati, & Astri Rahmawati. (2025). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG SEBAGAI PENERAPAN KONSEP MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1043–1054. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6846