ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG SEBAGAI PENERAPAN KONSEP MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6846
Keywords:
Etnomatematika, Permainan Kelereng, Geometri DasarAbstract
Etnomatematika merupakan suatu strategi pembelajaran yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya ke dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi etnomatematika pada permainan kelereng terhadap konsep geometri dasar. Metode penelitian ini menggunakan etnografi dengan pendekatan kualitatif eksploratif yaitu pendekatan yang bersifat empiris dan teoritis untuk memperoleh gambaran serta analisis yang mendalam terkait permainan kelereng melalui kegiatan langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergerakan kelereng memiliki etnomatematika yang mengandung konsep matematika terutama dalam geometri dasar yaitu titik, garis, bangun datar dan bangun ruang. Beberapa bentuk bangun datar yang dapat dibentuk dari permainan ini seperti lingkaran, segitiga dan persegi. Selain itu, bentuk kelereng juga termasuk kedalam salah satu bangun ruang yakni bola. Melalui budaya lokal, konsep geometri dasar dapat dikenalkan dan dipahami secara kontekstual.
Downloads
References
Apriliani, I. P., Wulandari, F., Khafidz, A. A. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Permainan Tradisional Kelereng. Artik: Artikel Karya Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 1(1), 42-52.
Astuti, W., & Madawistama, S. T. (2025). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Penerapan Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 6(1), 34-40.
Azkiya, M. A., & Harahap, M. S. (2025). Studi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 163-171.
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaninan tradisional bagi anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 115–134.
Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 107-116.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: eksplorasi dalam permainan tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1.
Riza, M., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 20–31. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2275.
Sartika, D., & Komalasari, K. (2025). Kajian Ethnomatematika dalam Tradisi Permainan Meriam Karbit pada Etnis Melayu Pontianak dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 99-106.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumayani, Zaenuri, & Junaedi, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Suku Sasak Kajian Makanan Tradisional. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 521–526.
Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1312.
Werdiningsih, C. E. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Makanan Tradisional (Studi Kasus Pada Lepet Ketan). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 112–121. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1433.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 yugihilmi yugihilmi, Himatul Islamiati, Astri Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.