PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6841

Authors

  • Sri ainnun Universitas Muhammadiyah Cirebon

Keywords:

Discovery Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar, Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Problem-Based Learning (PBL), Systematic Literature Review, Efektivitas, Discovery Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah, Ekstrovert, Pemecahan Masalah, Keterampilan Metakognisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design tipe One Shot Case Study. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nu Panembahan dengan sampel kelas VIII A yang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, kemudian diakhiri dengan pemberian post-test. Instrumen penelitian berupa tes uraian berjumlah delapan butir soal yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS Versi 30. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test sebesar 67,8 dari 31 siswa yang mengikuti tes. Nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,084 mengindikasikan bahwa model Discovery Learning berkontribusi sebesar 8,4% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sedangkan sisanya 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Zukhruf Alfaruqi, & Nurwahidah Nurwahidah. (2025). Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence. Jurnal Pendidikan Ips, 15(1), 11–19. https://doi.org/10.37630/jpi.v15i1.2559

Fidri, M., & Safri, A. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Imla’. Ta’Limuna : Jurnal Pendidikan, 2(1), 82–92.

Hamidah, H., Ayuningtyas, V., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Kelas Viii Di Kabupaten Serang. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 438–445. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.152

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kufa, W. E., & Susilowaty, N. (2022). Meta Analysis of the Influence of the Discovery Learning Learning Model on Students’ Mathematical Ability. Jurnal Padegogik, 2(2), 32–42. http://doi.org/10.35974/jpd.v5i2.2889https://jurnal.unai.edu/index.php/jpg/article/view/2889

Moh Slamet Sutrimo, Sajdah, S. N., Sinambela, Y. V. F., & Bagas, R. (2024). Peningkatan literasi numerasi melalui model pembelajaran dan hubungannya dengan kemampuan self-efficacy: Systematic literatur review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 61–72. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21650

Nasution, A. G. J., & HSB, A. A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Iv Mis Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. Nizhamiyah, 12(1), 65–87. https://doi.org/10.30821/niz.v12i1.1665

Nurlatifah, A., & Munandar, K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.87

Prof.Dr.sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 145. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6264

Utomo, B. (2023). Implementation of Problem-Based Learning to Develop Students Creative Thinking Ability. Journal of Education Method and Learning Strategy, 1(01), 9–18. https://doi.org/10.59653/jemls.v1i01.12

Downloads

Published

2025-09-03

How to Cite

ainnun, S. (2025). PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1016–2026. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6841