PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6835

Authors

  • Moh. A'rijul Ulya Universitas Madako Tolitoli
  • Mustakim Universitas Madako Tolitoli
  • Muh. Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Numbered Heads Together, Baamboozle, hasil belajar, statistika, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Baamboozle terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VI SDN 2 Nalu Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Nalu pada tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas VI-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VI-B sebagai kelompok kontrol, dengan total sampel sebanyak 41 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (Pre-test dan Post-test) serta lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pre-test kelas eksperimen sebesar 37,50, sedangkan kelas kontrol sebesar 31,55. Pada hasil Post-test, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 71,25, sementara kelas kontrol sebesar 53,87. Nilai N-Gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,54 (kategori sedang) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya 0,33 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menggunakan uji Independent Samples t-Test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 1-tailed) sebesar 0,0005 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT berbantuan media Baamboozle berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VI SDN 2 Nalu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah, A., & Sholihah, M. (2025). Boosting elementary science engagement

: A qualitative study of baamboozle-based game learning in Indonesian classrooms. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 6(2), 132–146. https://doi.org/10.46963/asatiza.v6i2.2726

Asrul, Sarigih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi pembelajaran. In Perdana Publishing. Perdana Publishing. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Astutik, P., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis model pembelajaran number head together dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 154–168. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p154-168

Azkiyatul Ulya, S., & Sari, Y. (2025). Pengarauh model realistic mathematic education (RME) berbantuan media baamboozle terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III SDN Surodadi 1. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(1), 1453. https://ipssj.com/index.php/ojs/article/view/177

Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2020). Telaah kurikulum (Vol. 1). Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=cJzzDwAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Dindar, M., Ren, L., & Järvenoja, H. (2021). An experimental study on the effects of gamified cooperation and competition on english vocabulary learning. British Journal of Educational Technology, 52(1), 142–159. https://doi.org/10.1111/bjet.12977

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara. https://books.google.co.id/books?id=vp5OEAAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Firdaus, Asriadi, & Pratiwi, T. (2025). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Arasoe. MACCA: Science-Edu Journal, 2(2), 406–414. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/msej.v2i2.3102

Habsah, I., Habiby, M. N. A., & Putri, L. I. (2025). Implementation of problem based learning model through baamboozle media to improve elementary school english vocabulary. QOMARUNA: Journal of Multidisciplinary Studies, 02(02), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.83

Kaffa, Z., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Penggunaan model numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 172–176. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/927/833

Lan, D. N., & Hong, N. X. (2025). Applying Baamboozle to teach English vocabulary for pre-starter level at a language center in HCMC. International Journal of Current Science Research and Review, 08(06), 2707–2723. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V8-i6-03

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252

Masita Darman, N., Kudus, Mardian Arif, R., Haris Panai, A., & Abdullah, G. (2024). Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media game baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 357–364. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16314/9637

Munawaroh, L., Nurafiah, S., & Rakhman, P. A. (2024). Pembelajaran interaktif berbantuan Bamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN Tembong 2. JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, 1(9), 6238–6243. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1613

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nisvia, R., & Ayu Pratiwi, D. (2024). Implementasi model mars dan media baamboozle untuk meningkatkan motivasi dan berpikir kritis siswa di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 619–638. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17517

Nugroho, B. (2020). Analisis faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor (Studi di wilayah polres Sampang) [Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/868

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan anak usia dini menurut undang-undang No, 20 tahun 2003 dan sistem pendidikan islam. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), 79–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123

Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital. http://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/view/15

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran pendidikan agama islam dalam keluarga dan masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Sáez, A. R., & Espinoza, A. Q. (2023). Baamboozle’s influence on willingness to communicate in english in small group private lessons. Journal of Namibian Studies: History …, 34(June), 6646–6661. https://doi.org/10.59670/jns.v34i.2674

Sari, N., & Ramadan, Z. H. (2025). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media baamboozle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 447–456. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4424

Septiani, P. (2023). Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar dan efektivitas peran guru. Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 20, 587–591. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/19777

Suparlan, S. (2020). Peran media dalam pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796

Surawan. (2020). Dinamika dalam belajar (sebuah kajian psikologi pendidikan). K-Media. http://www.digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2619/

Suryati, D., Salamah, U., & Mustafiyanti. (2023). Efektivitas penggunaan kurikulum merdeka belajar sebagai pengganti kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 142–152. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.774

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum merdeka: Transformasi pendidikan SD untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4331/3315

Tsurayya, N. A., & Sukmawati, F. (2023). Pemanfaatan media interaktif baamboozle pada pembelajaran bahasa indonesia. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343

Downloads

Published

2025-09-03

How to Cite

Moh. A'rijul Ulya, Mustakim, & Muh. Khaerul Ummah BK. (2025). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1001–1015. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6835