HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6832
Keywords:
Efikasi Diri, Kemampuan Representasi Matematis, KorelasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan ide-ide matematis yang diduga berkaitan dengan tingkat self-efficacy mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan representasi matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini melibatkan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut, dengan sampel yang diambil secara purposive yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 26 siswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket self-efficacy dan tes tertulis kemampuan representasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai koefisien sebesar 0,543. Artinya, semakin tinggi self-efficacy siswa, maka cenderung semakin tinggi pula kemampuan representasi matematisnya.
Downloads
References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1829
Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234
Bandura, A. (2009). Self-efficacy and Educational Development. United States of America by Cambridge University Press. https://www.researchgate.net/publication/247480203
Dahlan, J., Tinamba, S., & Kalamu, L. Y. La. (2024). Analisis Self Efficacy Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA/SMK Negeri yang Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Se-Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(19), 28-421–18. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13903749
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order.
Fatmawati, E. (2013). Efektivitas Pencapaian Tujuan Afektif dalam Pembelajaran SKI Berbantuan Media Film. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Role of Self-efficacy Toward Students’ Achievement in Mathematical Multiple Representation Ability (MMRA). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.26811/peuradeun.v6i1.174
Hanifah, Waluya, S. B., Isnarto, Asikin, M., & Rochmad. (2021). Analysis Mathematical Representation Ability by Self-Efficacy of Prospective Mathematics Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042118
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Husnaidah, M., Hrp, M. S., Sofiyah, K., & Logis, B. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/th.v1i2.375
Khairunnisa, Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT AL-Mumtaz Pontianak. jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 71–80. https://doi.org/http://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/110
Lestari, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Spring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.124
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p569-575
Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di Kampung Sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2224
Mataheru, E. E., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 55–67. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67
Mulyadi, N. A., & Fiangga, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 143–152. https://doi.org/10.25139/smj.v9i2.3938
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effend, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematikaajian Pendidikan Matematika, 6(1), 1423–1432. https://doi.org/10.54082/jupin.554
Muthmainnah. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Journal homepage: sesiomadika, 2(1), 468–475. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Nuurun Fajriah, Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160
Pratiwi, A. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 403–410. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13973
Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.1.23-36
Purnamasari, M. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Said, R. S., Subarinah, S., Baidowi, B., & Sripatmi, S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 306–315. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.84
Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872
Setyawati, R. D. (2020). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 220–235. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.6627
Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Whatsapp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683–2695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.679
Simanjuntak, E. M., Lutfianah, L., & Eka, H. (2025). Pengembangan Instrumen Representasi Matematis untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 160–165. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6667
Siswanto, E., Aziz, T. A., & El Hakim, L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika: Perspektif Filsafat dan Adversity Quotient. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 17–27. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5210
Siti, W., Azzahra, F., Rosmery, L., Asma, N., Siregar, R., Maritim, U., & Ali, R. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Pendidik Indonesia, 6(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.61291/jpi.v6i2.46
Suhendra, A. E., & Risnawati. (2021). Self-Efficacy Matematika Melalui Problem Based Instruction (PBI) dalam Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI): Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Kuindra. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i2.41
Sukatin, Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Supriadi, N., Sari, A. L., & JL, A. R. (2024). Analisis Hubungan Self-Efficacy dan Representasi Matematis terhadap Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i2.64588
Susanti, H., Zubaidah, & Suratman, D. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Materi Ukuran Pemusatan Data Ditinjau dari Self-Efficacy di SMA Islamiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v9i10.43071
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elfania Kartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.