PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6689

Authors

  • Siti Lutfiyah Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aplikasi Matematika

Abstract

Proses pembelajaran saat ini masih jarang menggunakan media yang menarik, bahkan masih ada guru yang jarang menggunakan media ketika mengajar. Proses pembelajaran inilah yang mengakibatkan siswa menjadi cenderung pasif karena proses pembelajaran ini berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi math city map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Experiment jenis Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VA dan VB SDIT Makarimal Akhlaq dengan jumlah siswa kelas VA adalah 26 dan jumlah siswa kelas VB adalah 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil sampel penelitian ini dengan pengujian hipotesis menggunakan uji berpasangan t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dimana terdapat perbedaan nilai kemampuan penyelesaian masalah matematika kelompok siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi math city map dengan kelompok siswa dengan pembelajaran kontekstual. Hasil uji N-Gain pada kelompok siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi math city map memperoleh skor 0,71 yang pemrosesannya cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi math city map cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Rahmadhani, R. M. &, & Riswari, L. A. (2024). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Masalah Matematis Kelas IV SD. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 352–359. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.4063

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Cahyono, H., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan. 9(1), 52–65.

Ermawati, D., Ayu, D., Amaruddin, W., Ayu, L., & Ika, C. C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI. JPST : Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(3), 400–404. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Sumber dan Media Pembelajaran di SD. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–157.

Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490

Lubis, A. D., Arianto, L., Ashari, I. M. Al, & Amidi, A. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nissa, A. D. & Fajaril, N. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Aplikasi Math City Map Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Amanda Dinda Arum Nissa1, Nurul A’in Fajaril2 SD IT. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 6(1), 80–91.

Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas I Sd Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779

Rohmah, Z., Fajri, A.S. & Riswari, L. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764

Rohmawati, Z., Maruti, I., & Budiarti, E. S. & M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall di SDN 01 Nambangan Kidul. SENASSDRA: Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 3(3), 127–132. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

R. Setyaningsih, Z. H. R. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080

Sirajuddin, S., Wahyudi, A. A., & Al-fatiha, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 55–63. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhaliza, A. P., Ananta, A. F. &, & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iii Dengan Media Power Point Interaktif Macan (Materi Pecahan). Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(2), 1478–1487. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.154

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Wira Suciono. (2021). Berpikir Kritis (p. 19). Adab.

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Lutfiyah, S., Ardana Riswari, L., & Ermawati, D. (2025). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 858–874. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6689