PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6689
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aplikasi MatematikaAbstract
Proses pembelajaran saat ini masih jarang menggunakan media yang menarik, bahkan masih ada guru yang jarang menggunakan media ketika mengajar. Proses pembelajaran inilah yang mengakibatkan siswa menjadi cenderung pasif karena proses pembelajaran ini berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi math city map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Experiment jenis Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VA dan VB SDIT Makarimal Akhlaq dengan jumlah siswa kelas VA adalah 26 dan jumlah siswa kelas VB adalah 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil sampel penelitian ini dengan pengujian hipotesis menggunakan uji berpasangan t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dimana terdapat perbedaan nilai kemampuan penyelesaian masalah matematika kelompok siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi math city map dengan kelompok siswa dengan pembelajaran kontekstual. Hasil uji N-Gain pada kelompok siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi math city map memperoleh skor 0,71 yang pemrosesannya cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi math city map cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
References
Aisyah, Rahmadhani, R. M. &, & Riswari, L. A. (2024). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Masalah Matematis Kelas IV SD. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 352–359. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.4063
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Cahyono, H., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan. 9(1), 52–65.
Ermawati, D., Ayu, D., Amaruddin, W., Ayu, L., & Ika, C. C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI. JPST : Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(3), 400–404. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/
Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Sumber dan Media Pembelajaran di SD. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–157.
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490
Lubis, A. D., Arianto, L., Ashari, I. M. Al, & Amidi, A. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nissa, A. D. & Fajaril, N. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Aplikasi Math City Map Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Amanda Dinda Arum Nissa1, Nurul A’in Fajaril2 SD IT. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 6(1), 80–91.
Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas I Sd Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779
Rohmah, Z., Fajri, A.S. & Riswari, L. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Rohmawati, Z., Maruti, I., & Budiarti, E. S. & M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall di SDN 01 Nambangan Kidul. SENASSDRA: Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 3(3), 127–132. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
R. Setyaningsih, Z. H. R. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Sirajuddin, S., Wahyudi, A. A., & Al-fatiha, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 55–63. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulhaliza, A. P., Ananta, A. F. &, & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iii Dengan Media Power Point Interaktif Macan (Materi Pecahan). Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(2), 1478–1487. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.154
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896
Wira Suciono. (2021). Berpikir Kritis (p. 19). Adab.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.