PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN MAKALE
Keywords:
Hasil Belajar, Kecemasan, MatematikaAbstract
Kecemasan matematika adalah kondisi yang tidak menyenangkan, bersifat emosional dan sangat terasa kekuatannya, disertai sensasi fisik yang memperingatkan seseorang terhadap bahaya yang sedang mendekat atau akan terjadi pada siswa yang berkaitan dengan matematika. Pembelajaran matematika terkadang kurang efektif akibat perkembangan kecemasan matematika yang dialami siswa. Jika kecemasan matematika mendominasi pikiran siswa maka siswa akan sulit berfikir dan berkonsentrasi yang akhirnya siswa malas untuk belajar matematika. Hal tersebut dapat mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Semakin tinggi tingkat kecemasan matematika pada siswa maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Makale? Penelitian ini merupakan jenis regresi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Makale. Dengan persamaan regresi linear adalah Ŷ = 110,429 -0,934X dari persamaan tersebut koefisien regresi sebesar -0,934 menyatakan bahwa setiap peningkatan kecemasan matematika siswa akan mempengaruhi hasil belajar sebesar -0,934. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 16,4% dan 83,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Downloads
References
Artama, E. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34–40Dewi, S., & Simamora, R. (2022). Analisis Kecemasan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 368–378. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V12I2.359
Husnul Qausarina, 261121450. (2016a). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id
Husnul Qausarina, 261121450. (2016b). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Meling, M., Pendidkan, M., Sekolah, G., Universitas, D., & Wacana, K. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I1.16060
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety And How To Reduce It). Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V3I2.590
Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tfxsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=
Sugianto, L., Ilyas, M., & Rufi, M. ’. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional dan Karakter. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.24256/JPMIPA.V8I1.984
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.