PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN MAKALE

Authors

  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Petrus Torano Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Carolus Wendi Sampe Salu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Ardianto Paliling Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Selvin Suliling Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Selmianti Singkali Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Hasil Belajar, Kecemasan, Matematika

Abstract

Kecemasan matematika adalah kondisi yang tidak menyenangkan, bersifat emosional dan sangat terasa kekuatannya, disertai sensasi fisik yang memperingatkan seseorang terhadap bahaya yang sedang mendekat atau akan terjadi pada siswa yang berkaitan dengan matematika. Pembelajaran matematika terkadang kurang efektif akibat perkembangan kecemasan matematika yang dialami siswa. Jika kecemasan matematika mendominasi pikiran siswa maka siswa akan sulit berfikir dan berkonsentrasi yang akhirnya siswa malas untuk belajar matematika. Hal tersebut dapat mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Semakin tinggi tingkat kecemasan matematika pada siswa maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Makale? Penelitian ini merupakan jenis regresi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Makale. Dengan persamaan regresi linear adalah Ŷ = 110,429 -0,934X dari persamaan tersebut koefisien regresi sebesar -0,934 menyatakan bahwa setiap peningkatan kecemasan matematika siswa akan mempengaruhi hasil belajar sebesar -0,934. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 16,4% dan 83,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashcraft, M. H., & Krause, J. A. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. Psychonomic Bulletin & Review, 14(2), 243–248.
Artama, E. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34–40Dewi, S., & Simamora, R. (2022). Analisis Kecemasan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 368–378. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V12I2.359
Husnul Qausarina, 261121450. (2016a). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id
Husnul Qausarina, 261121450. (2016b). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Meling, M., Pendidkan, M., Sekolah, G., Universitas, D., & Wacana, K. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I1.16060
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety And How To Reduce It). Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V3I2.590
Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tfxsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=
Sugianto, L., Ilyas, M., & Rufi, M. ’. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional dan Karakter. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.24256/JPMIPA.V8I1.984

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Palayukan, H., Torano, P., Salu, C. W. S., Paliling, A., Suliling, S., & Singkali, S. (2021). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN MAKALE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 197–210. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/6439