PENGARUH PERMAINAN LOMPAT ANGKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6196

Authors

  • Septi Wulandari Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Universitas Pgri Palembang
  • Sunedi Universitas Pgri Palembang

Keywords:

Kata Kunci : Permainan,  Lompat Angka, Operasi Hitung, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 136 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh selas I semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas I B sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan uji hipotesis yaitu thitung = -2.274 > ttabel = 2,008. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

hmad Ipwan, kharisma. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatot Kaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, 3, 1, 16–23.
Akhmad Aji Pradana, & Jazilatul Ummah. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas Ii Mi. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.89
Elfiyani, E. (2024). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 187–205. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.2989
Febrianti, R. F., Rahmawati, N. D., & Wati, C. E. (2024). Pengaruh Media Katak Lompat terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengurangan Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1357–1366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7259
Hanifah, W., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 64–73.
Lubis, E. D. W., Nadar, W., & Pawitri, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan 1-10 dengan Media Tangga Pintar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 39–44.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Prameswari, F. A. M., & Fawziya, G. A. (2024). Menyingkap rahasia angka dan matematika dalam kitab suci Al-Qur’an. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 256–265.
Pristiwanti1, D., Badariah2, B., Hidayat3, S., & Ratna Sari Dewi4. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sulistiasih. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., Wardiningsih, R., & Mataram, U. T. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Edukatif Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(1), 61- 70.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Septi Wulandari, Misdalina, & Sunedi. (2025). PENGARUH PERMAINAN LOMPAT ANGKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 834–843. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6196