PENGARUH PERMAINAN LOMPAT ANGKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6196
Keywords:
Kata Kunci : Permainan, Lompat Angka, Operasi Hitung, Hasil Belajar.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 136 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh selas I semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas I B sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan uji hipotesis yaitu thitung = -2.274 > ttabel = 2,008. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1.
Downloads
References
Akhmad Aji Pradana, & Jazilatul Ummah. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas Ii Mi. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.89
Elfiyani, E. (2024). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 187–205. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.2989
Febrianti, R. F., Rahmawati, N. D., & Wati, C. E. (2024). Pengaruh Media Katak Lompat terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengurangan Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1357–1366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7259
Hanifah, W., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 64–73.
Lubis, E. D. W., Nadar, W., & Pawitri, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan 1-10 dengan Media Tangga Pintar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 39–44.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Prameswari, F. A. M., & Fawziya, G. A. (2024). Menyingkap rahasia angka dan matematika dalam kitab suci Al-Qur’an. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 256–265.
Pristiwanti1, D., Badariah2, B., Hidayat3, S., & Ratna Sari Dewi4. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sulistiasih. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., Wardiningsih, R., & Mataram, U. T. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Edukatif Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(1), 61- 70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.