ANALISIS STRATEGI KRULIK DAN RUDNICK PADA PEMECAHAN MASALAH LITERASI NUMERASI GEOMETRI RUANG BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6145

Authors

  • Wa Irma Al Ihsan U Universitas Negeri Makassar
  • Asdar Asdar Universitas Negeri Makassar
  • Wahidah Sanusi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Krulik dan Rudnick, Adversity Quotient, Literasi Numerasi Geometri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguraikan penerapan straretgi Krulik dan Rudnick pada proses pemecahan pasalah literasi numerasi geometri ruang siswa kelas VII. Jenis Penelitian ini mengaplikasikan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data dan penyusunan hasil peneltian. Subjek penlitian ini merupakan siswa kelas VIII-2 dan VIII-6 di SMP Negeri 40 Makassar berjumlah 6 siswa yang masing-masing terdiri dari 2 siswa yang mewakili setiap tipe AQ. Hasil temuan menunjukkan bahwa setiap tipe dari adversity quotient menunjukkan penerapan strategi krulik dan rudnick pada pemecahan masalah sangat variatif pada masalah literasi numerasi geometri ruang. Siswa quitter hanya mampu memenuhi indikator pertama pada pemecahan masalah walaupun tidak spesifik. Siswa camper mampu mencapai seluruh indikator pemecahan masalah krulik dan rudnick. Namun memilih menyerah pada indikator mencari jawaban disebabkan masalah yang dianggap sukar untuk diselesaikan dan ketidakyakinan atas penyelesaian masalah. Sedangkan siswa climber mampu memenuhi keseluruhan indikator pemecahan masalah dengan baik dan runtut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Annikmah, I., Priyo Darminto, B., & Budi Darmono, P. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 112.
Anwar, L., Sa’dijah, C., Murtafiah, W., & Huljannah, M. (2024). Adversity quotient of Indonesian prospective mathematics teachers in solving geometry higher-order thinking skills problems. Journal on Mathematics Education, 15(1), 79–98. https://doi.org/http://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp79-98
Choirunnisa, A. H. (2022). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. In Universitas Lampung. Universitas Lampung.
Dahliani, B. M., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2023). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient ( AQ ) Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Lombok Barat Tahun Ajaran 2022 / 2023. 5(1), 83–95.
Dian Angriani, A., Ruslan, & Tampa, A. (2022). Students’ Difficulties in Solving Geometric Literacy Problems. ICSAT INTERNTIONAL PROCEEDING, 11(2), 2022.
Hastuti, T. D., S, D. R. S., & Riyadi. (2018). Student Profile with High Adversity Quotient in Math Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/983/1/012131
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720.
Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Izzati, L., & Utami, R. (2024). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 3, 45–54.
Kemdikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1995). The new sourcebook for teaching reasonong and problem solving in elementary school. Boston: Temple University
Lestari, I. D., & Juandi, D. (2023). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Reviewed From Adversity Quotient: Systematic Literature Review. Journal of Mathematics Anda Mathematics Education, 13(1), 56–75. https://doi.org/10.20961/jmme.v13i1.73997
NAIMNULE, M., KEHI, Y. J., & BONE, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Quitter, Camper Dan Climber Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal EDUSCIENCE (JES), 9(2), 428–441.
NCTM. (2002). Principles and Standards for School Mathematics. Library of Congres Cataloguing in Publication Data.
OECD (2016), PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learm Into Everyday Use? Journal Of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163–184. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Rosalina, A. D., & Ekawati, R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pisa Pada Konten Change and Relationship Siswa SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, Dan Visual-Spasial. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
S., S. U. (2013). Pengaruh Adversity Qoutient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71. https://media.neliti.com/media/publications/234974-pengaruh-adversity-qoutient-terhadap-pre-e7a0fa22.pdf
Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student Difficulties in Solving Geometry Problem Based on Van Hiele Thinking Level. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042118
Van Merriënboer, J. J. G. (2013). Perspectives on problem solving and instruction. Computers and Education, 64(2013), 153–160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.025
Wati, R. K., & Nurcahyo, A. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1689–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2380
Winarso, W. (2023). An Analysis of Personality Styles; Does mathematics anxiety change with adversity Quotient? Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 12(1), 49. https://doi.org/10.24235/eduma.v12i1.12888

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Ihsan U, W. I. A., Asdar, A., & Sanusi, W. (2025). ANALISIS STRATEGI KRULIK DAN RUDNICK PADA PEMECAHAN MASALAH LITERASI NUMERASI GEOMETRI RUANG BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 542–558. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6145