ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS PADA MATERI GEOMETRI SEGIEMPAT
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6120
Keywords:
berpikir kreatif, geometri, segiempat, kualitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi geometri segiempat di tingkat SMP/MTs. Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 88 siswa kelas VIII Mts Manba’ul Ulum Asshiddiqiyah 10 Cianjur. yang dipilih secara purposif. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis masih tergolong rendah. Masih ada yang kesulitan mengembangkan ide atau menjelaskan alasan dari langkah penyelesaian mereka. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang mendorong eksplorasi ide dan pemecahan masalah terbuka untuk memperkuat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
Downloads
References
Effendi, K. N. S., & Falina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 2549–5135. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Ekawati, S., & Adirakasiwi, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2738/1880
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 333–346. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.333-346
Husain, W., Abdullah, A. W., & Katili, N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Timur dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dari Perbedaan Gender. LAPLACE. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.915
Jusniani, Nia. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal PRISMA. 8(VII) https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=b7rtwHsAAAAJ&citation_for_view=b7rtwHsAAAAJ:LkGwnXOMwfcC.
Jusniani, N., & Suryakancanai, U. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis padamata kuliah kapita selekta matematika smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. JI-MR, 3(2), pp. 71–80. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2294
Jusniani, N., Dwina, A. Z., Lestari, A., Apriliani, S., & Salsiah, U. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Numerasi Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Triple S (Journals of Mathematics Education), 3(1), 16-29. https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967
Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/5609
Laksono, D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp negeri di kabupaten karawang pada materi bangun datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 507–516. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.507-516
Nurani, Y., Hartati, S., & Sihadi. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Jakarta Timur: Sinar Grafika, 239.
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(2), 11–18.
Putri, H. E., Muqodas, I., & Wakhyudy, M. A. (2020). Kemampuan-kemampuan Representasi Matematis dan Pengambangan Instrumenya. UPI Sumedang Press.
Rapa, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Segiempat dan Segitiga di SMPN 004 Satap Tabang. Skripsi. Doktoral Dissertation, Universitas Bosowa. https://doi.org/10.52208/embrio.v8i1.716
Rapika, D., Salsabila, H., Lintang, M., Lestari, S., & Adi Prayitno, B. (2018). Profil Keterampilan BerpikirKreatif Siswa Di Salah Satu Smp Negeri Surakarta. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi. 3(1). Https://Doi.Org/10.23969/Biosfer.V3i1.981
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221-233. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596
Setiawan, E., Jusniani, N., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prisma, 11(1), 140-153. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2087
Simanjuntak, M. P., Hutahaean, J., Marpaung, N., & Ramadhani, D. (2021). Effectiveness of Problem-Based Learning Combined with Computer Simulation on Students’ Problem-Solving and Creative Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(3), 519–534. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14330a
Solikhah, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Role Playing Ditinjau dari Kemampuan Akademik Awal Siswa. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/92036
Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–9. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2874
Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). … Kreatif Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Mind Mapping Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 5(1), 30–42. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/1735%0Ahttps://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/download/1735/1293
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.653
Ulger, K., & Morsunbul, U. (2016). The Differences In Creative Thinking: The Comparison Of Male And Female Students. Journal Of Counseling And Education, 5(4), 1–12. https://www.researchgate.net/publication/312290598_The_Differences_in_Creative_Thinking_The_Comparison_of_Male_and_Female_Students
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.