PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6113
Keywords:
Media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline 3, himpunan, Research and DevelopmentAbstract
Pembelajaran matematika, terutama pada materi himpunan, kerap dianggap abstrak dan kurang menarik bagi siswa, yang pada akhirnya memengaruhi pencapaian hasil belajar mereka. Ketidaksesuaian antara karakteristik generasi digital dengan pendekatan pembelajaran konvensional mendorong perlunya pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat memvisualisasikan konsep-konsep abstrak secara lebih dinamis dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi himpunan, (2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap media tersebut, serta (3) menguji kepraktisan dan keefektivitasannya dalam meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE, meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari satu guru matematika dan 40 siswa kelas VII Informatika di MTsN 1 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli media dan materi, angket respons, serta pre-test dan post-test. Hasil validasi ahli materi mencapai 87,5% dan validasi ahli media 91,66%, keduanya dalam kategori sangat layak. Respons guru terhadap media mencapai 95% dan respons siswa sebesar 86,25%, keduanya dalam kategori sangat praktis. Efektivitas media ditunjukkan oleh hasil uji N-Gain sebesar 0,87 yang termasuk kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 sangat layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Himpunan.
Downloads
References
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Agustin, M. D., & Zuhdi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. JPGSD, 9, 3093–3102.
Agustina, H., Roesminingsih, M. V., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Ips Di Kelas V. Jurnal Education and Development, 9(2), 567–571.
Anggraini, D., & Yunarti, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 99–110. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.10
Damayanti, S. K., & Widyaningrum, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Online Berbasis Science Education for Sustainable Development ( SESD ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 276–292.
Fauzan, R. A., Wijiastuti, A., & Yuliyati, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Pendekatan Multirepresentasi Berbasis Web Bagi Peserta Didik SMPLB Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21895
Hidayat, F. (2021). MODEL ADDIE ( ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.
Islawati, Samsuddin, Y., & Sugiarti. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN GEN Z. 6(1), 635–645.
Kadita, D., Husaeni, H., & Arifin, F. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar dan Solusinya Terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa. 2, 113–130.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848
Maylani, R., & Sumardi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 427–440. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2278
Mayoza, H., Harahap, T. H., & Manurung, S. A. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. September.
Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 01(01), 1–17.
OECD 2023. (2022). PISA PISA 2022 Results Malaysia. Journal Pendidikan, 10.
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1).
Rante, H. D., Gojang, R., Pendidikan, S. T., Kisten, U., & Toraja, I. (2023). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. 37–45.
Ranti Karmila, & Dina Fitria Handayani. (2024). Konsep Asesmen Ranah Kognitif dalam Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 177–188. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i3.3060
Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Syauqi, A. H. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3).
Safar, M., Dewi, G. C., Judijanto, L., & Rahman, K. (2025). The role of Indonesian Language Education in facing the Society 5 . 0 era : Curriculum Readiness to Face Technology and Innovation. 2(1), 145–156.
Sajidah, L. A., & Wulandari, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS SD Negeri Karangroto 01 Kota Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3016–3030.
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2020). The effectiveness of the application of Articulate Storyline 3 learning object on student cognitive on Basic Computer System courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 290–299.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yati, Y., Aminuriyah, S., Khasanah, S. U., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI NILAI TEMPAT BILANGAN DUA ANGKA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).
Zuwandi, M. I., Prayitno, S., & Hikmah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Website untuk Meningkatkan Minat dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.