PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6110

Authors

  • Nasa Mahardika Bariya Putra Universitas Islam Malang
  • Ettie Rukmigarsari Universitas Islam Malang
  • Gusti Firda Khairunnisa Universitas Islam Malang

Keywords:

motivasi belajar, resiliensi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh motivasi belajar dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi perbandingan; (2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; serta (3) menganalisis pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini mengadopsi pendekatan metodologi kuantitatif dan menerapkan desain penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII di MTsN Kota Batu, yang berjumlah 352 peserta didik, dengan sampel berjumlah 88 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linier berganda dengan metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dengan kontribusi sebesar 41,4%; 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik,, dengan kontribusi sebesar 36,8%; 3) Terdapat pengaruh resiliensi matematis secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dengan kontribusi sebesar 7,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori Abdurrahman. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 3 No. 4, 353. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p
Azhar M, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. In Uluwwul Himmah Education Research Journal (Vol. 1, Issue 1). https://irbijournal.com/index.php/uherj/index
Cahyadi, D. B., & Roesdiana, L. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 2023. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Damayanti, N. A. (2023). Peran Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas Rendah Upaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.177
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal RIset Pendidikan Dasar Dan Karakter.
Kurniawati, I., & Joko Raharjo, T. (2019, January 10). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360/380
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 3, 27778–27787. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/11268/8858
Rahmah Tri, Aniswita, & Fitri Haida. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di kelas VIII Agam Tahun Pelajaran 2018/2019.
Rizki Muhibi, A., & Widya Arifin, C. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2).
Sasmiharti Juni. (2023). Manfaat Sosial Ekonomi Dari Pendidikan Gratis di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 6 Nomor 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16954
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Tingkat Resiliensi Matematis Siswa Jurusan MIPA dan IPS di SMA. Community Development Journal, 4(Juni).
Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 4280. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Syafira, S., Ghifari, A., & Usdiyana, D. (2023). Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Putra, N. M. B., Rukmigarsari, E. ., & Khairunnisa, G. F. (2025). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 608–622. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6110