PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6110
Keywords:
motivasi belajar, resiliensi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh motivasi belajar dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi perbandingan; (2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; serta (3) menganalisis pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini mengadopsi pendekatan metodologi kuantitatif dan menerapkan desain penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII di MTsN Kota Batu, yang berjumlah 352 peserta didik, dengan sampel berjumlah 88 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linier berganda dengan metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dengan kontribusi sebesar 41,4%; 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik,, dengan kontribusi sebesar 36,8%; 3) Terdapat pengaruh resiliensi matematis secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dengan kontribusi sebesar 7,1%.
Downloads
References
Azhar M, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. In Uluwwul Himmah Education Research Journal (Vol. 1, Issue 1). https://irbijournal.com/index.php/uherj/index
Cahyadi, D. B., & Roesdiana, L. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 2023. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Damayanti, N. A. (2023). Peran Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas Rendah Upaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.177
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal RIset Pendidikan Dasar Dan Karakter.
Kurniawati, I., & Joko Raharjo, T. (2019, January 10). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360/380
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 3, 27778–27787. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/11268/8858
Rahmah Tri, Aniswita, & Fitri Haida. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di kelas VIII Agam Tahun Pelajaran 2018/2019.
Rizki Muhibi, A., & Widya Arifin, C. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2).
Sasmiharti Juni. (2023). Manfaat Sosial Ekonomi Dari Pendidikan Gratis di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 6 Nomor 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16954
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Tingkat Resiliensi Matematis Siswa Jurusan MIPA dan IPS di SMA. Community Development Journal, 4(Juni).
Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 4280. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Syafira, S., Ghifari, A., & Usdiyana, D. (2023). Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.