ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH SEI CABANG
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6068
Keywords:
Segitiga, Pembelajaran Matematika, Metode NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal segitiga dengan menggunakan prosedur Newman yang mencakup kesalahan membaca, kesalahan memamahi, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksankan di Sekolah SD Swasta Muhammadiyah Sei Cabang pada tanggal 3 mei 2025. Responden yang digunakan dalam peniltian ini berjumlah 20 orang siswa kelas V (lima), pada penilitaian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan membagikan tes berupa 5 soal yang berisikan materi tentang segitiga kesetiap orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan membaca terjadi karena siswa mengabaikan informasi dan keluri dalam memahami isi soal, kesalahan memahami terjadi karena kurang memahami maksud dari soal, kesalahan transformasi terjadi karena kurangnya ketelitian siswa dalam mengorganisasi dan menyajikan langkah penyelesaian, kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa kurang teliti dan tidak menuliskan tahap perhitungan sama sekali, dan kesalahan pengkodean terjadi karena tidak menuliskan satuan pada hasil akhir jawaban.
Downloads
References
Gestikatama, E., Hamidah, D., & Hidayah, N. (2024). Analysis of student errors based on newman’s error analysis in terms of gender. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.55210/attalim.v10i2.1237
Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Lembaga Peneleitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Indriana, I., Pathuddin, P., Lefrida, R., & Alfisyahra, A. (2024). Newman’s Error Analysis: The Students’ Errors in Solving Word Problems of Proportion. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v7i1.3642
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2022). capaian pembelajaran mata pelajaran.
Kusumawati, D., & Yuliani, A. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menjawab Soal Materi Segiempat dan Segitiga pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Teori Newman bagi Siswa SMP Kelas VIII. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1279–1290. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1279-1290
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398
Rachmawati, L. N., Sah, R. W. A., Hasanah, S. N., & Hazarika, A. (2023). Newman and Scaffolding Stages in Analyzing Student Errors in Solving Algebraic Problems. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 01–05. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i1.30
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). ANALISIS KESALAHAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN MATEMATIKA DENGAN METODE NEWMAN. Nucl. Phys., 1(2), 69–78.
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Jember, U. (2019). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/18465
Sriantini, A., & Cholik, M. (2021). ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SEGITIGA BOLA. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.33654/math.v7i1.1141
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Zulkarnain. (2021). Konsep Dasar Materi Geometri Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Issue April). IAIN Pontianak Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.