ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH SEI CABANG

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6068

Authors

  • Erika Simangunsong Universitas Negeri Medan
  • Nurpadila Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Dermawan Siregar Universitas Negeri Medan
  • Kms Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

Keywords:

Segitiga, Pembelajaran Matematika, Metode Newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal segitiga dengan menggunakan prosedur Newman yang mencakup kesalahan membaca, kesalahan memamahi, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksankan di Sekolah SD Swasta Muhammadiyah Sei Cabang pada tanggal 3 mei 2025. Responden yang digunakan dalam peniltian ini berjumlah 20 orang siswa kelas V (lima), pada penilitaian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan membagikan tes berupa 5 soal yang berisikan materi tentang segitiga kesetiap orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan membaca terjadi karena siswa mengabaikan informasi dan keluri dalam memahami isi soal, kesalahan memahami terjadi karena kurang memahami maksud dari soal, kesalahan transformasi terjadi karena kurangnya ketelitian siswa dalam mengorganisasi dan menyajikan langkah penyelesaian, kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa kurang teliti dan tidak menuliskan tahap perhitungan sama sekali, dan kesalahan pengkodean terjadi karena tidak menuliskan satuan pada hasil akhir jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, A., Damanik, A. G., Zega, N., & Fauzi, M. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bidang Datar Segitiga Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). The Alacrity : Journal Of Education, 4(3), 495–505.
Gestikatama, E., Hamidah, D., & Hidayah, N. (2024). Analysis of student errors based on newman’s error analysis in terms of gender. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.55210/attalim.v10i2.1237
Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Lembaga Peneleitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Indriana, I., Pathuddin, P., Lefrida, R., & Alfisyahra, A. (2024). Newman’s Error Analysis: The Students’ Errors in Solving Word Problems of Proportion. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v7i1.3642
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2022). capaian pembelajaran mata pelajaran.
Kusumawati, D., & Yuliani, A. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menjawab Soal Materi Segiempat dan Segitiga pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Teori Newman bagi Siswa SMP Kelas VIII. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1279–1290. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1279-1290
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398
Rachmawati, L. N., Sah, R. W. A., Hasanah, S. N., & Hazarika, A. (2023). Newman and Scaffolding Stages in Analyzing Student Errors in Solving Algebraic Problems. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 01–05. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i1.30
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). ANALISIS KESALAHAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN MATEMATIKA DENGAN METODE NEWMAN. Nucl. Phys., 1(2), 69–78.
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Jember, U. (2019). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/18465
Sriantini, A., & Cholik, M. (2021). ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SEGITIGA BOLA. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.33654/math.v7i1.1141
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Zulkarnain. (2021). Konsep Dasar Materi Geometri Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Issue April). IAIN Pontianak Press.

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Simangunsong, E., Nurpadila, Siregar, M. D., & Fauzi, K. M. A. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH SEI CABANG. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 785–796. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6068