ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6020
Keywords:
analisis kesalahan, geometri, kesebangunan dan kekongruenan, Newman Error Analysis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan tingkat kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal kesebangunan dan kekongruenan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak empat soal yang dianalisis berdasarkan kerangka Newman Error Analysis, mencakup kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terjadi pada tahap pemahaman (42,5%) dan transformasi (41,25%), yang tergolong dalam kategori sedang. Sementara itu, kesalahan membaca (38,75%), keterampilan proses (32,5%), dan penulisan jawaban (21,25%) tergolong rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menerapkan teorema geometri secara tepat. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi dosen dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis mahasiswa.
Downloads
References
Amalia, R. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat pada Mata Kuliah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i2
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
Hajizah, M. N., & Salsabila, E. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191–198. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Istivarina, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Menggunakan Metode Direct Learning. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1858–1872. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.938
Manurung, S. L., Aulia, B., Mulita, S., & Mawaddah, F. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa Unimed dalam Menyelesaikan Materi Operasi Biner dan Grup. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 24363–24368.
Maulana, R., & Hakim, D. L. (2024). Analisis Kekeliruan Siswa dalam Memahami Kesebangunan dan Kekongruenan Dua Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 326–333. https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10460
Meilantifa, Soewardini, H. M. D., Budiarto, M. T., & Manoy, J. T. (2018). Geometri Datar. Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati.
Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth Grade Pupils’ Errors on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin. https://cir.nii.ac.jp/articles?q=Victorian Institute for Educational Research Bulletin
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2738
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Trimurtini, T., Waluya, S. B., Sukestiyarno, Y. L., & Kharisudin, I. (2021). Proses Berpikir Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 80–84. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.