ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6020

Authors

  • Fitri Maulida Laila Universitas Negeri Medan
  • Helina Qatrunnada Nasution Universitas Negeri Medan
  • Lisda Karolin Br Barus Universitas Negeri Medan
  • Kms Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

Keywords:

analisis kesalahan, geometri, kesebangunan dan kekongruenan, Newman Error Analysis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan tingkat kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal kesebangunan dan kekongruenan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak empat soal yang dianalisis berdasarkan kerangka Newman Error Analysis, mencakup kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terjadi pada tahap pemahaman (42,5%) dan transformasi (41,25%), yang tergolong dalam kategori sedang. Sementara itu, kesalahan membaca (38,75%), keterampilan proses (32,5%), dan penulisan jawaban (21,25%) tergolong rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menerapkan teorema geometri secara tepat. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi dosen dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Respon Siswa terhadap Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konteks Lubuklinggau dengan Pendekatan PMRI. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 6–10. http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/2
Amalia, R. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat pada Mata Kuliah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i2
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
Hajizah, M. N., & Salsabila, E. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191–198. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Istivarina, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Menggunakan Metode Direct Learning. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1858–1872. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.938
Manurung, S. L., Aulia, B., Mulita, S., & Mawaddah, F. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa Unimed dalam Menyelesaikan Materi Operasi Biner dan Grup. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 24363–24368.
Maulana, R., & Hakim, D. L. (2024). Analisis Kekeliruan Siswa dalam Memahami Kesebangunan dan Kekongruenan Dua Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 326–333. https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10460
Meilantifa, Soewardini, H. M. D., Budiarto, M. T., & Manoy, J. T. (2018). Geometri Datar. Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati.
Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth Grade Pupils’ Errors on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin. https://cir.nii.ac.jp/articles?q=Victorian Institute for Educational Research Bulletin
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2738
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Trimurtini, T., Waluya, S. B., Sukestiyarno, Y. L., & Kharisudin, I. (2021). Proses Berpikir Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 80–84. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Fitri Maulida Laila, Helina Qatrunnada Nasution, Lisda Karolin Br Barus, & Kms Muhammad Amin Fauzi. (2025). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 772–784. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6020