PENGEMBANGAN SOAL HOTS HIGH ORDER THINKING SKILL) MATERI BANGUN RUANG BERBANTUAN GEOGEBRA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5990

Authors

  • Rana Zahra Universitas Al Washliyah Medan
  • Yumira Simamora Universitas Al Washliyah Medan
  • Jihan Hidayah Putri Universitas Al Washliyah Medan

Keywords:

High Order Thinking Skill, Media GeoGebra

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi, khususnya keterampilan analisis, pada siswa masih rendah, yang disebabkan oleh kebiasaan guru dalam menyusun evaluasi yang hanya fokus pada kemampuan dasar. Soal-soal yang dirancang untuk menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mata pelajaran matematika masih sangat sedikit. Selain itu, soal evaluasi yang ada belum dirancang khusus untuk mengukur kemampuan tersebut dan jarang diterapkan kepada siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan membuat soal yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas VIII SMP. Soal-soal tersebut dikembangkan dengan memanfaatkan perangkat lunak GeoGebra agar tampilannya lebih menarik dan jelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Tessmer yang meliputi tahap awal (preliminary), evaluasi mandiri (self-evaluation), pembuatan prototipe yang terdiri dari tinjauan ahli, uji coba satu-satu, dan kelompok kecil, serta uji lapangan. Dari penelitian ini dihasilkan tiga soal esai. Berdasarkan evaluasi para ahli dan uji lapangan, ketiga soal tersebut valid, reliabel dengan tingkat reliabilitas sedang, memiliki daya pembeda yang baik, tingkat kesulitan sedang, dan nilai kepraktisan yang cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A. (2023). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Ujian Akhir Semester di MA Nahdlatul Ulama Putri Buntet Pesantren. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 96–102. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i2.223
Akhirudin, H., & Fitria, Y. (2024). Kelayakan Hasil Uji Validitas dan Praktikalitas Media Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 2(1), 119–125. https://doi.org/https://doi.org/10.24036
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darviani, D. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Pembelajaran Materi Mengagungkan Allah SWT Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya Kelas VII SMPN 1 Pogalan. Institut Agama Islam Negeri Kediri.
Febriyani, E., Rosidah, I., & Novianti, D. (2023). Pengembangan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Materi Aljabar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Prosiding SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid, 239–250. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1416
Nasution, D. J., Simamora, Y., & Maharani, I. (2023). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Dalam Budaya Melayu Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa MA Tahun Pembelajaran 2022-2023. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/ 10.36987/jpms.v9i1.4015
Putri, J. H., Syarah, F., & Matondang, K. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 4(2), 27–33. https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.2003
Rismawati, Mukhlisa, N., & Lukman. (2024). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 Pada Mata Pelajaran Matematika UPT SD Negeri 228 Pinrang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 189–202. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.15896
Simamora, M. I., Simamora, Y., & Wau, L. M. (2022). Pengembangan Instrument Tes Berbasis Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(2), 1–8. www.lldikti1.ristekdikti.go.id/jurnal/index.php/jumpa
Simamora, Y., Saragih, R. M. B., & Susilawati. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMK Swasta Muhammad Yaasiin Sei Lepan. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.155
Simamora, Y., Saragih, S., & Dewi, I. (2023). Efektifitas Media Blog terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 432–437.
Tanjung, I. K., Simamora, Y., & Saragih, R. M. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal on Education, 6(1), 475–486. http://jonedu.org/index.php/joe
Yokri, V., & Saltifa, P. (2020). LKPD Matematika Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK-SMAK Padang Kelas X. Jurnal Equation, 3(1), 76–88. https://doi.org/10.29300/EQUATION.V3I1.2823

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Zahra, R. ., Simamora, Y., & Putri, J. H. (2025). PENGEMBANGAN SOAL HOTS HIGH ORDER THINKING SKILL) MATERI BANGUN RUANG BERBANTUAN GEOGEBRA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 572–587. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5990