PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5934

Authors

  • Ana Fauziyyah Universitas Muhamadiyah Cirebon
  • Sumliyah Universitas Muhamadiyah Cirebon
  • Zaenal Abidin Universitas Muhamadiyah Cirebon

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas X DPIB 2 di SMKN 1 Cirebon terdiri dari 25 laki – laki dan 10 perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan masing – masing siklus mencakup dua pertemuan. Desain penelitian ini mengacu pada teori Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus dengan menghitung ketuntasan kemampuan berpikir kritis menunjukkan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 17,14% dengan kategori sangat kurang kritis. Pada Siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 45,71%. Dengan kategori cukup kritis. Pada Siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya sebesar 91,43% dengan kategori sangat kritis. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan pilihan alternatif bagi para guru dalam proses kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION : Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Hagi, N. A., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SDN SALATIGA 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 53–59. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Lusianisita, R., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. In Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (Vol. 4, Issue 2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Mareti, J. W., Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1
Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 710–716. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613
Paramitha, W., Pujiastuti, E., & Noor Asih, T. S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Aplikasi MathCityMap Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13962
Ramadhani, N. N., Mafudoh, & Farhurohman, O. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18792–18800.
Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 945–953.
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 3222–3238.
Uliyanti, I. A., Ardianti, S. D., & Fakhriyah, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SD Berbantuan Media Augmented Reality. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1315–1324. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3164
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Wismaningsih, T., Wibowo, Y. A., & R, W. Y. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II B SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurna; Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 6099–6104. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Zohiro, M. Q. A. B., Suryanti, N. M. N., Wahidah, A., Malik, I., & Haris, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Kuartet Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1193–1198. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2186

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Fauziyyah, A., Sumliyah, S., & Abidin, Z. . (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 513–525. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5934