PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA KUE TRADISIONAL MALUKU PADA MATERI BANGUN RUANG
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5895
Keywords:
Pengembangan LKPD, Etnomatematika, Bangun RuangAbstract
Salah satu penerapan budaya dalam pembelajaran adalah penggunaan bahan ajar yang memuat unsur budaya di dalamnya. Namun pada kenyataannya masih jarang ditemukan perangkat pembelajaran yang memanfaatkan kearifan lokal masyarakat sekitar. Salah satu unsur budaya yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah kue tradisional tradisional yang memiliki bentuk bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang untuk kelas IX SMP dan mengetahui kelayakannya melalui uji validasi dan kepraktisan. Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D, yang dibagi dalam 3 tahap; define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi untuk mengukur kelayakan produk, wawancara dengan guru mata pelajaran dan angket respon peserta didik untuk mengukur tingkat kepraktisan produk. LKPD memperoleh skor 3,9 dalam validasi materi dan skor 3,5 pada validasi media yang telah memenuhi kategori sangat valid. Berdasarkan angket respon peserta didik, LKPD juga telah memperoleh persentase kepraktisan 76% yang masuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, LKPD berbasis etnomatematika kue tradisional dikatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Destania, Y., & Riwayati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Teorema Pythagoras. 05(02), 949– 962.
Febrianti, N. F., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Geometri Pada Jajanan Tradisional Di Lamongan Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 9(01), 1530–1541. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/39293
Fitriyani, A. D., Rusmana, I. M., & Wiratomo, Y. (2022). Pengembangan LKS Materi Geometri Ruang Pada Kue Dongkal Khas Jakarta Berbasis Etnomatematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 325–332.
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURMADIKTA, 2(1), 23–30.
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta.
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Maemali, P., Prayitno, A., & Widayanti, F. D. (2020). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 48–58. http://jppim.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jppim/article/view/9
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). Eksplorasi Kembali Etnomatematika Pada Jajanan Pasar Di Daerah Cileungsi. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 76–84.
Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Banjar Materi Segiempat Dan Segitiga. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).
Perdana Aprilianti, P., Astuti, D., & Dahlan, A. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Sari Latif UPTD SMPN, N. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Melalui LKPD Etnomatematika Berbasis PBL. In Journal of Indonesian Teachers for Social Science and Humanities (Vol. 1).
Studi, P., Ilmu, T., Alam, P., Arini, W., Lovisia, E., Lubuklinggau, S.-P., Mayor, J., Kelurahan, T., Pingin, T., Lubuklinggau, K., & Pos, K. (2019). Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas (Vol. 02, Issue 02). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sustriani, N., & Nasution, A. S. (2022). Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisioal di Kota Medan. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 82–96. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/462/394
Verner, I., Massarwe, K., & Bshouty, D. (2019). Development of competencies for teaching geometry through an ethnomathematical approach. The Journal of Mathematical Behavior, 56, 100708. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.05.002
Warni, R., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Motif Kain Sarung Batak Toba pada Materi Transformasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 4812–4824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2942
Yakin, A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berciri Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis. September, 53.
Zulfah. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Soal Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal CendekiaL Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.