DESAIN DIDAKTIS BERPIKIR ALJABAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5874

Authors

  • Nia Ayu Kurniati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ika Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Aljabar, Desain Didaktis, Realistic Mathematics Education

Abstract

Aljabar perlu diperkenalkan sejak sekolah dasar agar peserta didik siap mempelajari aljabar formal di sekolah menengah. Dikarenakan kemampuan peserta didik dalam berpikir aljabar khususnya pada penjumlahan dan pengurangan terbilang rendah, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle peserta didik, merancang desain didaktis berpikir aljabar, serta implementasinya. Desain didaktis yang dirancang berlandaskan pada pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini mengikuti alur penelitian desain didaktis atau Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari 3 tahap: analisis prospektif, analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif. Partisipan penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas III A sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, desain didaktis yang telah dirancang dan diimplementasikan, dapat mengurangi learning obstacle peserta didik. Terdapat perbaikan desain didaktis merujuk pada respon baru peserta didik dan angket respons peserta didik. Namun perbaikan desain didaktis tidak mempengaruhi HLT dan ADP yang telah disusun karena perbaikan hanya sebatas pada teknis saat pembelajaran dan tampilan LKPD saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? In Agustyaningrum (Vol. 5). https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Eds.; Vol. 19). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2
Falkner, K., Levi, L., & Carpenter, T. (1999). Early Childhood Corner: Children’s Understanding of Equality: A Foundation for Algebra. Teaching Children Mathematics, 6(4), 232–236. https://doi.org/10.5951/TCM.6.4.0232
Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). The Analysis of Students’ Learning Obstacles on the Fraction Addition Material for Five Graders of Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 33. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6020
Fauziyah, A. N., & Masduki, M. (2023). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Manipulasi Numerik. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3626
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Jurnal “Mosharafa,” 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.425
Fuadiah, N. F. (2020). Miskonsepsi sebagai Hambatan Belajar Siswa dalam Memahami Matematika. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/156
Lidinillah, D. A. M. (2012). Design Research sebagai Model Penelitian Pendidikan.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/
Pratama, S. N., Lidinillah, A. M., & Apriani, I. F. (2023). Analisis Hambatan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aljabar di Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7, 1095–1106. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.80014
Romdhani, W., & Suryadi, D. (2017). Desain Didaktis Konsep Pecahan untuk Kelas III Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 198. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5142
Samsu. (2021). Metode Penelitian: Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development (Rusmini, Ed.; Cetakan ke-2). PUSAKA Jambi.
Sidik, G. S., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2021). Learning Obstacle on Addition and Subtraction of Primary School Students: Analysis of Algebraic Thinking. Education Research International, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/5935179
Simon, M. A. (1995). Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114–145. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.26.2.0114
Sufitri, J. I., Lusiana, L., & Fuadiah, N. F. (2023). Desain Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Learning Obstacle pada Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2921. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7172
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pembelajaran Matematika.
Syarifah, M., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2023). Strategi Penyelesaian Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar: Analisis Hambatan Belajar Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah. In Journal of Elementary Education Edisi (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v7i1.2825
Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 36–46. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp36-46
Utami, N. A., & Humaidi. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary, 2(2), 39–43. https://doi.org/10.31764/elementary.v2i2.1299
Van de Walle, J. A. ., Karp, K. S. ., & Bay-Williams, J. M. . (2016). Elementary and middle school mathematics : teaching developmentally. Pearson.
Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, St. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Nia Ayu Kurniati, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, & Ika Fitri Apriani. (2025). DESAIN DIDAKTIS BERPIKIR ALJABAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 410–423. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5874