ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS VII MTs

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5860

Authors

  • Alya Fahira Berutu Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah Medan
  • Hizmi Wardani Universitas Muslim Nusantara AL-Wasliyah Medan

Keywords:

Kesulitan Belajar, Menyelesaikan Soal Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik menyelesaikan soal bangun datar segi empat serta faktor-faktornya. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, angket, dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung proses pembelajaran dan kesulitan yang muncul saat peserta didik menyelesaikan soal bangun datar segi empat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B MTs Al-Manar Medan Johor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi berbagai  indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat. Kesulitan tersebut meliputi: 1) Menafsirkan kata-kata dan simbol matematika sebesar 66,67%,  2) Mmengerjakan soal karena bahan pelajaran belum dikuasai sebesar 66,67%, 3) Menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya 69,33%, 4) Menentukan rumus yang tepat 65,33%, 5) Menggunakan operasi hitung yang benar 68%, dan 6) memberikan kesimpulan dari penyelesaian soal 68,66%. Secara keseluruhan rata-rata persentase kesulitan belajar peserta didik adalah 67,45%, yang menunjukkan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sukri Nst, Dramina Eka Sari Rangkuti, D. R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LKPD DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA KENCANA SASTRA. Jurnal Unisza, 192–198.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(1), 78.
Fauziah, & Desniarti. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh 2020/2021. Maju, 8(2), 256–271.
Gusmira, H. A. N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 34. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.198
Harahap, D. O., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 143–154. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177
Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Novalia, Y., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Maju, 8(2), 493–501.
Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematika Kelas VII. Maju, 7(1), 76–82.
Parinduri, S. N., Puspita, D., Aprillia, S., Fadilah, C., & Nurdalillah. (2023). Analisis Kemampuan Siswa MTs Al Washliyah Gedung Johor dalam Memahami Konsep Himpunan. 7, 30925–30930.
Rahmasari, F., Lea, M. A., Aisawa, R., & Ramadhani, R. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Pada Materi Bilangan Real. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.277
Riizki Hasani. (2020). Journal Research and Education Studies. Invention, 1(1), 33–43.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
S.Winataputra, P. D. U. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
Wardani, H. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa MTs Nurul Hakim Tembung. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 3(1), 180–196. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/149/141
Wiwik Sustiwi Riani. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tesis. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.
Yani, M. P., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Negeri 1 Air Putih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 8(2), 225–237.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Berutu, A. F., & Wardani, H. . (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS VII MTs. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 293–305. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5860