ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS VII MTs
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5860
Keywords:
Kesulitan Belajar, Menyelesaikan Soal MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik menyelesaikan soal bangun datar segi empat serta faktor-faktornya. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, angket, dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung proses pembelajaran dan kesulitan yang muncul saat peserta didik menyelesaikan soal bangun datar segi empat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B MTs Al-Manar Medan Johor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi berbagai indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat. Kesulitan tersebut meliputi: 1) Menafsirkan kata-kata dan simbol matematika sebesar 66,67%, 2) Mmengerjakan soal karena bahan pelajaran belum dikuasai sebesar 66,67%, 3) Menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya 69,33%, 4) Menentukan rumus yang tepat 65,33%, 5) Menggunakan operasi hitung yang benar 68%, dan 6) memberikan kesimpulan dari penyelesaian soal 68,66%. Secara keseluruhan rata-rata persentase kesulitan belajar peserta didik adalah 67,45%, yang menunjukkan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat.
Downloads
References
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(1), 78.
Fauziah, & Desniarti. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh 2020/2021. Maju, 8(2), 256–271.
Gusmira, H. A. N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 34. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.198
Harahap, D. O., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 143–154. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177
Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Novalia, Y., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Maju, 8(2), 493–501.
Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematika Kelas VII. Maju, 7(1), 76–82.
Parinduri, S. N., Puspita, D., Aprillia, S., Fadilah, C., & Nurdalillah. (2023). Analisis Kemampuan Siswa MTs Al Washliyah Gedung Johor dalam Memahami Konsep Himpunan. 7, 30925–30930.
Rahmasari, F., Lea, M. A., Aisawa, R., & Ramadhani, R. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Pada Materi Bilangan Real. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.277
Riizki Hasani. (2020). Journal Research and Education Studies. Invention, 1(1), 33–43.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
S.Winataputra, P. D. U. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
Wardani, H. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa MTs Nurul Hakim Tembung. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 3(1), 180–196. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/149/141
Wiwik Sustiwi Riani. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tesis. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.
Yani, M. P., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Negeri 1 Air Putih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 8(2), 225–237.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.