PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN SIPUT PADA SISWA KELAS III SD

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5858

Authors

  • Aulia Natasya Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Chrisnaji Banindra Yudha Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Simetri Putar, Media Konkret, Papan Siput, Pembelajaran Matematika, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media papan siput dalam pembelajaran simetri putar di kelas III SDN Wanasari 13. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kesulitan siswa dalam memahami konsep simetri putar yang bersifat abstrak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Proses pembelajaran dilakukan dengan melibatkan media papan siput, yaitu alat bantu berbentuk papan berporos yang memuat berbagai bangun datar yang dapat diputar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep simetri putar, mendorong partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, serta membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Guru juga menyatakan bahwa media papan siput sangat membantu dalam menyampaikan materi simetri putar secara konkret dan mudah dipahami siswa. Temuan ini diperkuat oleh hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa media konkret efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, media papan siput dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi simetri putar di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ijirana, L. N. (2024). Penerapan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Inpres 1 Tatura. Edu Research, 599-609.

Kurniawan Andika Putra, E. P. (2023). Implikasi Teori Jean Piaget Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islami Purbayan Kotagede. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 30-44.

Siti Hanyfah, G. R. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 339-344.

Widya Riska Nur Anisa, V. D. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Media Simetri Putar Kelas III SDN Banjarsugihan I/116 Surabaya . Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 388-397.

Yanuardhana Argaruri, E. E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Putar Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Kelas III SD 1 Samirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1888–1897.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Aulia Natasya Putri, Suntari, Y., & Yudha, C. B. . (2025). PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN SIPUT PADA SISWA KELAS III SD. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 356–361. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5858