PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CLASSPOINT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5774

Authors

  • Safrika Handayani Universitas Negeri Medan
  • Tiur Malasari Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

PMR, Classpoint, minat belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantuan media Classpoint dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Latar belakang penelitian didasari rendahnya minat belajar matematika siswa akibat persepsi negatif, kurangnya penguasaan materi, dan minimnya pemanfaatan teknologi. Metode penelitian menggunakan desain quasi-experiment dengan Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 60 siswa (30 kelas eksperimen dan 30 kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dengan skala Likert. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan minat belajar di kelas eksperimen (rata-rata 33,9) dibandingkan kelas kontrol (29,2), dengan selisih 4,7 poin (sig. 0,029 < 0,05). Pembahasan mengaitkan efektivitas PMR dengan menggunakan Classpoint melalui kontekstualisasi materi, interaktivitas media, dan kolaborasi siswa. Simpulan penelitian menyatakan bahwa integrasi PMR dengan  media Classpoint efektif meningkatkan minat belajar matematika siswa. Disarankan pelatihan guru dalam penggunaan teknologi dan penelitian lanjutan dengan durasi lebih panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdaus, C. B. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa
Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Larasati, R., Manullang, T., Hrp, N. A., & Hsb, L. R. (2024). Analisis Pengaruh
Metode Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau
UtarA. 43–53.
Querido, D. V. (2023). Effectiveness of Interactive Classroom Tool: A QuasiExperiment in Assessing Students’ Engagement and Performance in
Mathematics 10 using ClassPoint. Applied Quantitative Analysis, 3(1), 79–
92. https://doi.org/10.31098/quant.1601
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan matematika realistik. Citapustaka Media.
Ritonga, S., Uswatun Hasanah Masra Tangse, Dwina Putri, Amaliah Ritonga, &
Wahyu Azhar Ritonga. (2023). The Effect of ClassPoint Learning Media as
Interactive and Fun Learning. International Journal Of Humanities
Education and Social Sciences (IJHESS), 2(6), 2206–2212.
https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i6.554
Sabaruddin. (2023). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. 10(1), 43–
49.
Willifitri, S. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Upaya
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sdn 138/Viii Sungai Bengkal
Matematika. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 72–77.
Yusi, M. D. (2023). Classpoint sebagai strategi intervensi dalam pengajaran
Matematika Bisnis. 7(1).

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Handayani, S., & Siregar, T. M. (2025). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CLASSPOINT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–210. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5774

Most read articles by the same author(s)