ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5768

Authors

  • Syafika Ulfah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Salmy Fernandez SMP Negeri 79 Jakarta

Keywords:

Kesulitan belajar, Matematika, Siswa Tunagrahita, ABK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara lebih mendalam terkait kesulitan siswa ABK dalam mengerjakan soal matematika. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tunagarahita kelas IX dari salah satu SMP Negeri di Jakarta. Kesulitan belajar siswa ditinjau dari empat aspek yaitu aspek tes asesmen, cara mengajar guru, cara belajar siswa, dan fasilitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif dari teori Miles dan Hubermann. Model ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek tes asesmen terlihat bahwa subjek kesulitan untuk mencerna/berpikir setiap permasalahan yang diberikan;  pada aspek cara mengajar guru, subjek merasa guru mentransfer ilmu dengan cara menyenangkan; pada aspek cara belajar siswa terlihat bahwa subjek tidak fokus ketika belajar dan subjek berpikir matematika adalah mata pelajaran yang sulit sehingga hal tersebut membuat subjek tidak fokus dari awal belajar matematika; pada aspek fasilitas belajar yaitu subjek tidak difasilitasi belajar dengan baik ketika di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR SUMBERSARI 1 KOTA MALANG. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290
Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bersusun Kesamping Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.29210/18700
Fatimah, U., & Fahmi, S. (2018). Deskripsi Analisis Kesulitan Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner Kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2, 130–136.
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175–1182. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887
Louk, M. Johanes. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1). https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132
Pandudinata, R., Sumarlam, S., & Saddhono, K. (2018). PEMEROLEHAN BAHASA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VI SD. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1). https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4988
Rahmawati, F. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Remaja dengan Kebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.936
Saputra, V. H., Darwis, D., & Febrianto, E. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika Untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1).
Supena, A. (2017). MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2). https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
Triyanto, T., & Permatasari, D. R. (2016). PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2). https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p176
Wahyudi, W., & Kristiawati, R. (2016). Gambaran Sekolah Inklusif di Indonesia: Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. Gambaran Sekolah Inklusif Di Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Ulfah, S., & Fernandez, S. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 227–234. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5768