PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GAME EDUKASI GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 4 TANJUNG MORAWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5705

Authors

  • Pebrina Enjel Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Fevi Rahmawati Suwanto Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pendekatan Realistik, Game Edukasi Gimkit, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000  maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya  ditolak dan  diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000  maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya  ditolak dan  diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, L., & Sulistyo, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Prismatika. 5(1) : 109-116.
Annizar, et al. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen. 6(1) : 39-55.
Firdaus, M, V & Putra, V, L. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistik berbantuan Congklak terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi KPK dan FPB SD Negeri Purbowangi. Jurnal Jupensi. 2(2) : 65-73.
Hakim, et al. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematis Peserta Didik Tingkat SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 8(1) : 66-76.
Hasniati, H., Jais, E. and Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. 133–139.
Kurniawati, et al. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Prosiding Seminar Nasional. 2(1) : 701-707.
Manurung, et al. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Bagi Pengajar Dan Pemuda Pemudi Pada Pembelajaran di HKBP Simalingkar Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nauli. 1(2) : 85-89.
Natalia, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbasis Gender di Kelas VII SMP Negeri29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-1493.
Polya, G. (1973). How to Solve It. Second Edition. In Princeton University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007
Rangkuti, N. A. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. Citapustaka Media. http://repo.uinsyahada.ac.id/952/1/Ahmad Ahmad%20Nizar%20Rangkuti%20%202019%20%20Pendidikan%20Matematika%20Realistik.pdf
Rohimat, et al. (2023). Workshop Pengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online. Jurnal Nusantara Berbakti. 1(4) : 221-229.
Rukiah, et al. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 5(2) : 207-213.Berbasis Gender di Kelas VII SMP Negeri 29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-14 29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-1493.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Sitohang, P. E. ., & Suwanto, F. R. . (2025). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GAME EDUKASI GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 4 TANJUNG MORAWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5705