PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GAME EDUKASI GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 4 TANJUNG MORAWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5705
Keywords:
Pendekatan Realistik, Game Edukasi Gimkit, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya ditolak dan diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya ditolak dan diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
References
Annizar, et al. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen. 6(1) : 39-55.
Firdaus, M, V & Putra, V, L. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistik berbantuan Congklak terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi KPK dan FPB SD Negeri Purbowangi. Jurnal Jupensi. 2(2) : 65-73.
Hakim, et al. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematis Peserta Didik Tingkat SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 8(1) : 66-76.
Hasniati, H., Jais, E. and Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. 133–139.
Kurniawati, et al. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Prosiding Seminar Nasional. 2(1) : 701-707.
Manurung, et al. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Bagi Pengajar Dan Pemuda Pemudi Pada Pembelajaran di HKBP Simalingkar Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nauli. 1(2) : 85-89.
Natalia, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbasis Gender di Kelas VII SMP Negeri29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-1493.
Polya, G. (1973). How to Solve It. Second Edition. In Princeton University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007
Rangkuti, N. A. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. Citapustaka Media. http://repo.uinsyahada.ac.id/952/1/Ahmad Ahmad%20Nizar%20Rangkuti%20%202019%20%20Pendidikan%20Matematika%20Realistik.pdf
Rohimat, et al. (2023). Workshop Pengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online. Jurnal Nusantara Berbakti. 1(4) : 221-229.
Rukiah, et al. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 5(2) : 207-213.Berbasis Gender di Kelas VII SMP Negeri 29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-14 29. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia. 1(10) : 1482-1493.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.