PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5688

Authors

  • Steven Gilbert Leonardo Sormin Universitas Negeri Medan
  • Elfitra Universitas Negeri Medan

Keywords:

Steven Gilbert Leonardo Sormin, Elfitra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menilai kualitas validitas media pembelajaran berbasis web, (2) Mengevaluasi kualitas kepraktisan media pembelajaran berbasis web, (3) Menilai efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta minat belajar peserta didik melalui penerapan media pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah model pengembangan ADDIE (Analisi, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VIII-11 SMP Negeri 11 Medan, sementara objek penelitiannya adalah media pembelajaran berbasis web yang dirancang untuk mendukung peningkatan komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan skor 4,31 dari ahli materi dan 4,37 dari ahli media, keduanya tergolong sangat layak (SL), dalam kategori sangat valid . (2) Media ini memenuhi standar kepraktisan , dengan tingkat kepraktisan yang dinilai oleh guru sebesar 90,29% dan oleh peserta didik sebesar 87,79%. (3)  Media pembelajaran tersebut terbukti efektif berdasarkan: (a) ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, (b) pencapaian tujuan belajar individu rata-rata 88,43, (c) respon positif peserta didik sebesar 98,33% termasuk kedalam kategori sangat positif, serta (d) peningkatan komunikasi matematis yang terlihat dari skor rata-rata Pretest 40,93 menjadi 88,43 pada Posttest untuk setiap indikator. Skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis secara keseluruhan meningkat dari 50,00 pada Pretest menjadi 83,5 pada hasil Posttest, dengan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,769 dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria penilaian N-Gain, nilai tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Hasil tersebut mengindikasikan adanya peningkatan minat belajar peserta didik, yang terlihat dari hasil belajar yang menunjukkan kemajuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elfitra, Mansyur, A., & Taufik, M. I. (2021). Student Perceptions of Augmented Realitity (AR) Media in Calculus Courses. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). IOP Publishing.
Kusumawati, A. D., & Prapanca, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMKN 7 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 137-146.
Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100-1107.
Saputro, K. H., Prasasti, P. A. T., & Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas IV SDN Padas pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593-1611.
Siregar, B. H., Mansyur, A., Lumongga, S., & Ramadhani, F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.
Sutopo, L. A., & Waluya, S. B. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-15.
Vawanda, E. J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Peserta didik Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 124-130.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Sormin, S. G. L. ., & Elfitra, E. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 45–64. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5688

Most read articles by the same author(s)