PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5688
Keywords:
Steven Gilbert Leonardo Sormin, ElfitraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menilai kualitas validitas media pembelajaran berbasis web, (2) Mengevaluasi kualitas kepraktisan media pembelajaran berbasis web, (3) Menilai efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta minat belajar peserta didik melalui penerapan media pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah model pengembangan ADDIE (Analisi, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VIII-11 SMP Negeri 11 Medan, sementara objek penelitiannya adalah media pembelajaran berbasis web yang dirancang untuk mendukung peningkatan komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan skor 4,31 dari ahli materi dan 4,37 dari ahli media, keduanya tergolong sangat layak (SL), dalam kategori sangat valid . (2) Media ini memenuhi standar kepraktisan , dengan tingkat kepraktisan yang dinilai oleh guru sebesar 90,29% dan oleh peserta didik sebesar 87,79%. (3) Media pembelajaran tersebut terbukti efektif berdasarkan: (a) ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, (b) pencapaian tujuan belajar individu rata-rata 88,43, (c) respon positif peserta didik sebesar 98,33% termasuk kedalam kategori sangat positif, serta (d) peningkatan komunikasi matematis yang terlihat dari skor rata-rata Pretest 40,93 menjadi 88,43 pada Posttest untuk setiap indikator. Skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis secara keseluruhan meningkat dari 50,00 pada Pretest menjadi 83,5 pada hasil Posttest, dengan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,769 dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria penilaian N-Gain, nilai tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Hasil tersebut mengindikasikan adanya peningkatan minat belajar peserta didik, yang terlihat dari hasil belajar yang menunjukkan kemajuan.
Downloads
References
Kusumawati, A. D., & Prapanca, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMKN 7 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 137-146.
Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100-1107.
Saputro, K. H., Prasasti, P. A. T., & Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas IV SDN Padas pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593-1611.
Siregar, B. H., Mansyur, A., Lumongga, S., & Ramadhani, F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.
Sutopo, L. A., & Waluya, S. B. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-15.
Vawanda, E. J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Peserta didik Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 124-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.